Momen saat kedua calon ditetapkan dan mencabut nomor urut calon Kepala Desa MUB Kherul Ihsan, SH dan Kispul Kheroni yang berlangsung di aula Kantor Desa MUB, (foto/istimewa)


Dimensintb.com-Menarik, penantang petahana atau incumbent dalam kontestasi pesta demokrasi, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Masbagik Utara Baru (MUB) Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur. Dan siap bertarung dengan bergerak maksimal meyakinkan para emak-emak.

Meskipun diakuinya, santer terdengar dengan pencalonan itu diragukan banyak pihak, karena petahana merupakan saudara kandung dari  penantang baru dalam kontestasi itu. Akan tetapi pencalonan ini dipastikan serius karena dalam politik dimungkinkan semuanya terjadi.

"Saya optimis, karena dengan suara emak-emak, insya Allah kita bisa mengalahkan petahana," ungkap Kispul Kheroni,saat dikonfirmasi langsung media ini di kediaman, Selasa (10/01).

Lebih Jauh, Calon gender ini tegaskan akan bergerak maksimal bukan saja pada jaringan emak-emak (ibu-ibu), akan tetapi dalam waktu dekat akan bergerak kesemua elemen masyarakat, untuk menyakinkan mereka dengan menawarkan visi dan misinya serta program kedepannya.

Tidak itu saja, sambung dia, maju ini merupakan salah satu bentuk keseriusan dirinya ingin membangun Desa kelahirannya, meskipun harus bersaing dengan saudara sendiri. sebagai bukti bahwa politik itu juga ada seninya,  bersaing yg dimaksud adalah  adu ide dan gagasan dalam membangun untuk kemajuan masyarakat  Desa.

Ditegaskan Kispul yang juga Kepala Sekolah disalah satu lembaga PAUD, dirinya siap untuk bergerak dan bersilaturrahmi kesemua elemen masyarakat dan khusunya ke para emak-emak untuk menyakinkan mereka bahwa perempuan juga bisa berbuat untuk kemajuan Desa MUB ke arah yang lebih baik.

"di MUB DPTnya sekitar 6.000, saya siap bergerak untuk meyakinkan masyarakat  untuk memilih saya," tegasnya.

Ia juga pastikan, bahwa dirinya optimis, karena dengan majunya ini juga bisa mewakili kaum gender (perempuan). Ia berharap dukungan penuh dari para emak-emak dan juga semua elemen masyarakat.

"Saya optimis dan serius, ikut dalam kontestasi Pilkades dan siap bergerak untuk mengalahkan petahana, tandasnya.

Terpisah, petahana Kades MUB Khaerul ihsan, SH saat dikonfirmasi via WhatsApp mengatakan, dalam kontestasi pasti ada yang menang dan kalah, sehingga dirinya sudah siap menerima apa pun hasilnya nanti.

Disinggung terkait rivalnya yang juga saudaranya, Ia tegaskan, dalam konteks demokrasi setiap orang punya hak yang sama untuk memilih dan dipilih. sehingga meski harus bersaing dengan saudara sendiri siap untuk bersaing secara sehat.

"Menang atau kalah kita harus siap menerimanya. Ini kan demokrasi, terkait saudara menjadi lawan, kita jalani kompetisi sesuai aturan," ujarnya.

Ia tegaskan, bahwa ini salah satu cara untuk menunjukkan bahwa politik itu adalah seni, sehingga tergantung bagaimana menyikapinya. Kalau dihadapi politik itu dengan seni maka akan jadi indah, terhormat dan bermartabat.

Akan tetapi sebaliknya, lanjut dia, kalau tidak bisa memaknai bahwa politik itu seni, sehingga selalu muncul stigma bahwa politik itu kotor dan tidak bermartabat.

"terkait calon rival saya walaupun saudara sah- sah saja, karna itu hak asasi dan demokrasi persoalan pilihan semua kita kembalikan kepada masyarakat yang punya hak pilih," pungkasnya.(DN)