Grafik hasil Survei, oleh Survei Global Nusantara Riset (GNR).

Dimensintb.com-Elektabilitas Golkar menempati posisi tertinggi jelang Pemilihan Umum tahun 2024 di Kabupaten Lombok Timur, berdasarkan hasil rilis yang dikeluarkan oleh Survei Global Nusantara Riset (GNR).

Dalam keterangan rilis survei terbarunya, Direktur Eksekutif GNR Dedy Febry Rachman mengatakan, responden menjawab pertanyaan terbuka partai apa yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih jika Pemilu dilakukan saat ini.

"Golkar dominan dalam survei Desember dengan raihan 9,6 persen. Kemudian posisi kedua Gerindra 6,1 persen, Partai Keadilan Sejahtera 4,8 persen, Demokrat 4,3 persen, dan di ikuti Perindo 4,1 persen, " kata Dedy ketika memberikan keterangan tertulis kepada media ini.

Lebih jauh, Dedy menjelaskan jarak antara Golkar, Gerindra, PKS, Demokrat dan Perindo tidak terlalu signifikan, sehingga peluang pergeseran partai politik yang akan memperebutkan pucuk pimpinan DPRD Lombok Timur masih bisa berubah di antara lima partai dengan raihan elektabilitas tertinggi tersebut.

Sementara, sambungnya, partai-partai lain seperti PDIP dan Nasdem mendapat dukungan di bawah 3 persen. Sedangkan PPP, PKB, PBB, hingga PAN masing-masing mendapat dukungan di bawah 1 persen.

Lanjut Dedy menjelaskan, adanya peningkatan dukungan kepada Demokrat di Lombok Timur naik signifikan jika dibandingkan dengan hasil pemilu 2019 lalu. karena banyaknya figur-figur muda dan tokoh potensial yang berpindah haluan ke partai berlambang merci tersebut.

Elektabilitas Perindo juga naik signifikan dari pemilu 2019 dimana partai Perindo tidak mempunyai kursi satupun di DPRD Lombok Timur, sementara elektabilitas partai-partai lain yang ada cenderung menurun.

Sementara itu, partai-partai baru lainnya peserta pemilu tahun 2024 masih belum terlihat kompetitif, dengan elektabilitas di bawah 1 persen. Adapun satu-satunya partai baru yang elektabilitasnya cukup menonjol pada survei Desember 2022 ini adalah Perindo dengan perolehan 4,1 persen.

Golkar dan Gerindra partai yang mempunyai elektabilitas tertinggi berpeluang mengusung calon kepala daerah sendiri tahun 2024 mendatang tanpa berkoalisi dengan partai lainnya. Kendati demikian, sejauh ini, elektabilitas partai politik tersebut bisa saja berubah seiring dengan kerja-kerja partai politik di awal tahun 2023 ini.

Wawancara survei ini dilakukan pada bulan Desember 2022. Survei ini diikuti 400 responden yang dipilih secara acak atau Stratified multi stages random sampling dengan margin of error 4,9% dan tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling).

"Survei dilakukan oleh surveyor terlatih yang melakukan wawancara tatap muka pada responden di desa terpilih yang ada di wilayah kabupaten Lombok Timur,"(DN)