Hasil survei dari lembaga GNR, terhadap elektabilitas Partai di Kabupaten Lombok Timur. (dok/DN) 

Dimensintb.com - Global Nusantara Riset (GNR) menyampaikan hasil rilis terbarunya terkait elektabilitas partai politik menjelang Pemilihan Umum (2024) khususnya di Lombok Timur, pasca kedatangan tokoh-tokoh nasional di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Dimana dalam rilis survei GNR itu, responden menjawab pertanyaan yang di ajukan oleh lembaga berdasarkan dari masing partai-partai di bawah ini, menurut Bapak/Ibu/Saudara, dengan pertanyaan partai apa yang paling pantas untuk dipilih?.

Demikian disampaikan Direktur eksekutif GNR Dedy Febry Rachman, dalam rilis survei  keterangan rilis survei tertulis kepada media ini, Minggu  (26/03).

"Total tujuh partai politik di Lombok Timur yang cukup kompetitif sejauh ini terutama Partai Golkar yang masih dominan dengan raihan 11,6 persen. Kemudian posisi kedua Gerindra dengan raihan 10,4 persen, PKS 6,6 persen, Demokrat 6,1 persen, PDIP 4,3 persen di ikuti Perindo dan Nasdem sama-sama mendapatkan raihan 4,1 persen," kata Dedy

Lebih jauh Dedy menerangkan dari ketujuh partai politik yaitu, Golkar, Gerindra, PKS, Demokrat, PDIP, Perindo dan Nasdem tidak mempunyai jarak yang terlalu jauh. Sementara partai-partai lain antar lain PPP dan PBB mendapat dukungan 2,0 persen.

Sedangkan, sambung dia, PKB meraih 1,8 persen, hingga PAN mendapat dukungan di bawah 1,3 persen, Partai Berkarya mendapatkan 1,0 persen dan partai lainnya di bawah 0,8 persen.

Menurutnya, dari dua belas partai politik yang mendapatkan elektabilitas tertinggi ini, terlihat yaitu, Golkar dan Gerindra mulai meninggalkan partai-partai lainnya dengan jarak 4 persen dengan PKS yang berada di urutan ketiga dan Demokrat di urutan ke empat.

Sementara, partai-partai politik seperti Nasdem, Perindo, PDIP, PBB dan yang lainnya berpotensi meningkat dalam beberapa bulan ke depan seiring dengan sudah mulai banyaknya kader-kader partai tersebut terpantau turun kelapangan memperebutkan suara konstituen publik Lombok Timur.

Sebagai catatan, bahwa wawancara survei ini diikuti 400 responden yang dipilih secara acak atau Stratified multistages random sampling dengan margin of error 4,9% dan tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling). Perlu diketahui survei dilakukan oleh surveyor terlatih yang melakukan wawancara tatap muka pada responden di desa terpilih yang ada di wilayah kabupaten Lombok Timur. (*)