Foto bersama RSI bersama masyarakat Desa Ekas Buana, usai diskusi digelar, (foto/istimewa)

Dimensintb.com - Rumah Sandiuno Indonesia (RSI) Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama RSI Lombok Timur, gelar diskusi terkait peluang dan perkembangan pariwisata dan peningkatan ekonomi masyarakat. Bertempat di Desa Ekas Buana Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur (Lotim).

Dalam acara tersebut, RSI melibatkan langsung masyarakat Ekas Buana Kecamatan Jerowaru untuk berdiskusi, terkait dengan peluang dan perkembangan pariwisata dan peningkatan ekonomi masyarakat.

RSI merupakan perkumpulan yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, dimana kehadiran RSI diharapkan dapat membantu terciptanya manusia Indonesia yang unggul, kompeten dan dinamis untuk mewujudkan Indonesia maju dan berdaya saing tinggi berdasarkan nilai-nilai Pancasila.

"Alhamdulillah RSI Ntb bisa bertatap muka berdiskusi langsung dengan masyarakat Ekas Buana. Menyerap aspirasi masyarakat untuk bersama-sama memajukan wisata di wilayah Selatan Lombok Timur," demikian ungkap Ketua RSI NTB Ubaidillah, yang akrab di panggil Didink Uno, pada acara tersebut, Sabtu (17/06).

Menurutnya, untuk mencapai tujuan di bidang sosial RSI mempunyai selogan Partisipasi Inovasi dan Kolaborasi. Dimana Partisipasi maksudnya Bagaimana RSI ikut membantu dalam mensukseskan program-program pemerintah.

Selanjutnya, Inovasi sendiri bermakna ikut membuat trobosan dalam mensukseskan program tersebut, dan kolaborasi artinya RSI menjalin kerjasama dengan pemerintah, masyarakat, stakeholder, perusahaan dan unsur lembaga lainnya.

"Selain Untuk mencapai tujuan di bidang sosial, RSI juga berperan aktif dalam menjembatani kepentingan masyarakat dan pemerintah. Salah satu contohnya adalah seperti yang terjadi hari ini di Ekas Buana. Ada Diskusi Santai," Tandanya.

Sementara itu, Dewan Penasehat RSI NTB  Aishah Mohamed menjelaskan, Desa Ekas Buana  Kecamatan Jerowaru memiliki potensi serta peluang untuk dilakukan pengembangan terhadap Pariwisata dan Peningkatan Ekonomi  masyarakat.

"Destinasi wisata di wilayah Lombok Timur ini sangat luar biasa indah nya," terang Aisah.

Masih kata dia, pantai di Kabupaten Lombok Timur, khususnya wilayah pantai selatan ini menjadi sorotan para wisatawan asing, karena pantai sangat indah dan bersih. Melalui RSI NTB ini kami mengajak masyarakat Ekas untuk bersama - sama membangun wisata dan juga bisa mendongkrak ekonomi nya.

"RSI NTB akan membantu masyarakat Desa Ekas dalam penyusunan membuat Perdes dan termasuk membatu untuk perjuangkan hingga terbitnya Perda untuk mengembangkan surfing nantinya," katanya.

Kegiatan ini, tambah dia, salah satu bentuk peran RSI NTB untuk bekerja dan sebagai jembatan bagi masyarakat. "Selain untuk mencapai tujuan di bidang sosial, RSI juga berperan aktif dalam menjembatani kepentingan masyarakat dan pemerintah. Salah satu contohnya adalah seperti yang terjadi hari ini di Ekas Buana," tandasnya.