Event Patuh Karya Drag Bike di sirkuit Suryawangi, Kecamatan Lombok Timur Kabupaten Lombok Timur, (foto/istimewa)

Dimensintb.com - Ikatan Motor Indonesia (IMI) Lombok Timur didukung oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Timur menggelar event Patuh Karya Drag Bike di sirkuit Suryawangi, Lombok Timur, Sabtu (08/07).

Dalam event tersebut, lebih dari 600 lebih peserta  mengikuti event balap motor, yang tersebar dari berbagai daerah di Indonesia.

Ketua IMI Lombok Timur, H. Maidy dihadapan media mengatakan, kegiatan itu bagian dari upaya penyaringan bibit-bibit atlit yang ada di daerah.

"Kita harus penuhi target kita IMI Lombok Timur bagaimana menjaring atlit berbakat, dan kami berharap dengan banyaknya event seperti ini cepat kita asah untuk mengikuti ajang yang lebih tinggi nantinya," ujarnya

Dikatakannya, pihaknya juga telah berkaca pada Pra PON 2022 lalu, dimana banyak para atlit berbakat yang ada di daerah akan tetapi tidak memiliki wadah untuk mereka menyalurkan bakatnya.

Patuh Karya Drag Bike sendiri diikuti 600 lebih peserta dengan 23 kelas yang diperlombakan. Soal kualitas lintasan, ditegaskan Maidy sudah memenuhi standar event drag bike yang ada.

"Kalau soal lintasan, pendapat pembalap luar daerah ini sudah luar biasa, dan di suryawangi menjadi tempat yang tepat untuk penggelaran event tersebut," katanya.

Diapun mengungkap alasan dipilihnya Desa Suryawangi, Labuhan Lombok menjadi tempat terselenggaranya event.

Menurutnya, dengan adanya event Patuh Karya Drag Bike itu banyak hal yang bisa didapatkan. Pertama kata dia, dikarenakan desa wisata tentu akan menguntungkan sebagai promosi wisata di wilayah itu.

Selain itu, dikarenakan kerap kali Suryawangi dijadikan arena balap liar, dengan adanya event tentu akan memutus kegiatan yang dinilai miring di masyarakat itu. Sehingga memilih tempat ini banyak hal yang didapatkan dari adanya event ini.

Dikatakannya, memang kegiatan Drag Bike baru pertama kali berlangsung di Lombok Timur, namun pihaknya mengapresiasi apa yang dilakukan panitia sehingga masyarakat dengan antusias menyambut dan menonton event ini.

Terbukti kata dia, dari semenjak pendaftaran hingga dengan berlangsungnya acara berjalan lancar.

"Tentu ini dukungan semua pihak, terutama bagi para panitia acara dan saya ucapkan juga terimakasih bagi masyarakat yang telah antusias menonton jalannya event ini," ucapnya.

"Dan kita harapnya juga UMKM disini diberdayakan, dan kita telah disuport penuh oleh Pemda Lombok Timur untuk itu," katanya.

Adapun terkait total anggaran yang dikeluarkan IMI untuk mensukseskan acara tersebut yakni mencapai Rp. 350 juta, dengan penarikan biaya registrasi untuk masing-masing peserta sebesar Rp. 400 ribu.

Sementara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lombok Timur, Asrul Sani yang datang mewakili Sekda Lombok Timur, HM. Juaini Taofik mengapresiasi terselenggaranya acara itu dengan lancar.

"Atas nama Pemkab Lombok Timur  saya mengapresiasi setinggi-tingginya bagi penyelenggara dan masyarakat yang mendukung terlaksananya event ini," katanya.

Dia berharap dengan adanya event Patuh Karya Drag Bike ini akan lahir atlit daerah yang bisa bersaing di tingkat nasional ataupun internasional.(DN)