Momen acara pelepasan jamaah umroh, yang diberangkatkan oleh PT Asshaffa Rawdah Lombok. (foto/istimewa)

Dimensintb.com, Lombok Timur - Sekitar  200 jamaah umroh dari berbagai kabupaten/kota di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) resmi berangkat umroh ke tanah suci Makkah. Para jamaah itu diberangkatkan oleh PT Asshaffa Rawdah Lombok.

Dalam acara pelepasan pemberangkatan itu, Direktur Utama PT Asshaffa Rawdah Lombok, Ustadz H. Safwan menyatakan jika perusahaan yang dipimpin merupakan salah satu di NTB dan satu-satunya travel pemberangkatan umroh di Lombok Timur yang mengantongi izin PPIU dari Kementerian Agama (Kemenag) RI di NTB.

"Alhamdulillah kami satu-satunya di Lombok Timur ini yang mengantongi izin PPIU dari Kementerian Agama," katanya, Senin (02/10).

Seremoni pelepasan jamaah umroh 

Menurutnya, sebagai jembatan dari para masyarakat yang hendak menjalankan ibadah umroh, PT Asshaffa Rawdah Lombok dijalankan dengan mengedepankan kemudahan, kenyamanan dan kepastian bagi calon jamaah yang hendak menunaikan ibadah umroh.

"Setiap orang yang punya niat untuk beribadah tidak boleh dilarang atau dihambat. Dan kami di PT Asshaffa Rawdah Lombok hadir menjadi jembatan yang bertanggungjawab pada setiap tamu Allah untuk menjalankan ibadah umroh dengan penuh kekhusyukan dan kedamaian," terangnya.

Lebih jauh sambungnya, dalam proses jalannya ibadah umroh, pihaknya menyertakan tiga pembimbing yang mendampingi para jamaah selama menjalankan ibadah di Makkah dan Madinah.

Bahkan yang menjadi pembimbing jamaah umroh yang diberangkatkan oleh PT Asshaffa Rawdah Lombok sendiri, salah satunya adalah Ketua MUI Lombok Timur, TGH. Ishak Abdul Gani, yang juga sekaligus sebagai Ketua Dewan Pembina PT Asshaffa Rawdah Lombok.

"Selain itu, kami juga menjamin pelayanan kesehatan bagi para jamaah selama di menjalankan ibadah di tanah suci," ucapnya.

Foto bersama usai pelepasa, dari perwakilan jamaah yang akan berangkat.

"Niat utama didirikannya perusahaan ini adalah untuk memudahkan jamaah kita dan kami sendiri sudah mangakadkan diri dengan Allah untuk hal itu," imbuhnya.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Lombok Timur, H. Sirojudin pada sambutannya, memberikan apresiasi mendalam kepada PT Asshaffa Rawdah Lombok yang telah berkomitmen dalam memudahkan dan menjamin kepastian keberangkatan calon jamaah yang merindukan ibadah di tanah suci Makkah.

Terlebih lagi kata dia, hal itu diperkuat karena PT Asshaffa Rawdah Lombok adalah satu-satunya perusahaan travel di Lombok Timur yang mengantongi izin PPIU.

"Tentu dengan perusahaan yang kendalinya ada langsung di Lombok Timur akan mempermudah dan menjamin rasa nyaman calon jamaah yang hendak berangkat umroh, dan kami mengapresiasi hal itu karena ini adalah salah satu kelebihan dari PT Asshaffa Rawdah Lombok," ulasnya.

Lebih lanjut, dia menegaskan kepada masyarakat dan calon jamaah yang hendak berangkat menenuaikan ibadah umroh untuk selektif dalam memilih perusahaan travel. Sebab, kata dia akhir-akhir ini terdapat beberapa kasus calon jamaah yang pemberangkatannya tertunda atau bahkan batal dan melahirkan kekecewaan.

"Kepada semua masyarakat agar lebih selektif dalam memilih travel umroh, dan pastikan semua travel yang hendak digunakan memiliki izin resmi termasuk untuk jadwal keberangkatan. Itu tidak lain sebagai bentuk kehati-hatian kita bersama," tegasnya.

Dirinya pun menyampaikan selamat jalan kepada semua calon jama'ah yang akan diberangkatkan dan menitip pesan agar menjalankan ibadah dengan sebaik-baiknya, agar mendapatkan safaat dan umroh yang mabrur.

"Kami sampaikan selamat jalan dan kami berpesan jalankan semua rangkaian ibadah umroh dengan ikhlas dan penuh kesabaran untuk mendapatkan umroh yang mabrur dan sepulang dari tanah suci bisa bermanfaat bagi masyarakat secara umum," tandasnya.

Turut hadir dalam acara itu, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi NTB, Kepala Dinas Dukcapil Lombok Timur, Kepala ULP Imigrasi Lombok Timur, dan beberapa tamu undangan lainnya. (DN)