(foto/istimewa)

Dimensintb.com, Lombok Barat - Perayaan Haul ke-40 Syekh TGH. Abdul Hafidz Sulaiman, pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Selaparang Kecanatan Kediri Kabupaten Lombok Barat pada Rabu (06/12), berjalan lancar dan penuh khidmat.

Acara Haul ke-40 itu, diinisiasi oleh pengurus Pusat Ikatan Santri Alumni Pondok Pesantren Selaparang (PP. ISAPAS), yang bekerjasama dengan Pengurus Daerah ISAPAS Kabupaten/Kota se-NTB dengan dukungan dan support dari pengurua Yayasan Ponpes Selaparang.

Pada acara tersebut, dihadiri oleh Kepala Kanwil Kementerian Agama NTB Bapak Zamroni Aziz, S.HI., MH, Karo Kesra NTB Bapak H. Sahnan dan Ketua BAZNAS NTB Dr. TGH. M. Said Ghazali, Lc., MH. Tampak hadir juga Gubernur NTB priode 2018-2023 Dr. Zulkiflimansyah.

Sementara tamu undangan dari unsur Pimpinan Pondok Pesantren ada TGH. Muharrar Mahfudz, TGH. Munajib, dan banyak lagi lainnya. Selain itu, acara ini terbuka untuk umum, baik dari kalangan santri, alumni, jemaah dan simpatisan. Termasuk panitia juga mengundang Pejabat Pemerintahan, para Tuan Guru, Pimpinan Pondok Pesantren dan semua santri dari madrasah yang didirikan para alumni.

Tak itu saja, di arena utama, sampai semua sudut-sudut halaman madrasah, dipenuhi jemaah dari bapak-bapak dan ibu-ibu yang berdatangan bak air mengalir. Santri dan santriwati yang datang dari berbagai pondok pesantren milik alumni kita datang bergelombang dan memadat hingga ke luar di jalan raya.

"Selain di dalam yang berjubelan, di luar arena utama, hingga ke jalan raya, tamu undangan memadat." ungkap Dr. TGH. L. Pattimura Farhan, Ketua Yayasan Ponpes Selaparang Kediri, dalam rilis tertulis yang diterima media ini.

Ditempat sama Direktur Barka Mumtaz Wisata (BMW) Travel Haji dan Umrah, Dr.TGH. Pattimura, meyebutkan perayaan Haul ke-40 Syekh TGH. Abdul Hafidz Sulaiman ini sejak sepekan terakhir sudah terlihat semarak. Guru, santri dan keluarga besar Ponpes Selaparang sangat antusias mengikuti kegiatan.

Dimana dalam kegiatan-kegiatan Pra-Haul seperti Ziarah Makam Pendiri Ponpes Selaparang, Khataman Al-Qur'an dan Hiziban Akbar, terlebih antusias mereka mengikuti kegiatan jalan sehat yang disponsori Barka Mumtaz Wisata (BMW) Travel Haji dan Umrah.

"Ada tiga voucher umrah kita berikan pada acara Jalan Sehat untuk menyambut perayaan Haul ke-40 Ninikda TGH. Abdul Hafidz Sulaiman sebagai bagian dari tanda ikut bahagia dan syukur serta berharap berkah," katanya

Sementara itu, Ketua pengurus pusat ISAPAS TGH. Patompo mengatakan, melalui acara ini pihaknya ingin memberikan pembelajaran pada   para santri, sengan rangkaian kegiatan-kegiatan Pra-Haul ini.

Supaya santri memiliki kekuatan spiritual dan memiliki empati Kemanusiaan, salah satunya dengan kegitan khataman Al-Qur'an dan Hiziban Akbar berharap menjadi pertolongan bagi warga Palestina.

"Wasilah Khataman Al-Qur'an dan Hiziban Akbar kita mengetuk pintu langit untuk menjadi pertolongan bagi saudara-saudara kita di Palestina," katanya.

"Tidak hanya itu, bentuk konkrit kepedulian santri dan guru-guru serta Keluarga Besar Pondok Pesantren Selaparang, mereka semangat menggalang dana untuk Palestina, yang langsung diserahkan ke BAZNAS NTB di tengah acara Perayaan Haul ke-40 tadi," sambungnya

Oleh karena, perayaan Haul ke-40 Syekh TGH. Abdul Hafidz Sulaiman ini, selain sebagai satu kewajiban untuk menjalankan haulnya setiap tahun, haul ini juga dihajatkan menjadi media silaturrahim dan mengetuk pintu langit untuk kemerdekaan Palestina.

"Haul ke-40 untuk ketuhanan dan kemanusiaan," tandasnya.(DN)