(foto/istimewa)

Dimensintb.com, Lombok Timur - Goes to Kampung Digital, begitulah tag line di kaos berwarna hijau tua yang digunakan oleh sekelompok pemuda setempat. Hal tersebut mempertegas misi Pemerintah Desa Denggen Timur, Kecamatan Selong, Lombok Timur (Lotim), sebagai salah satu desa berbasis digital.

Prihal ini dibuktikan dengan digelarnya pelatihan Konten Kreator bagi puluhan pemuda desa setempat. Kegiatan ini digelar di Kantor Desa Denggen Timur, Minggu (02/12).

Ditemui di sela kesibukannya, Kepala Desa Denggen Timur, Moh Jamaludin mengatakan, pelatihan itu diharapakan bisa merubah prilaku dan cara pandang masyatakat setempat. Bagaimana memanfaatkan media sosial baik secara moril serta materil.

"Kita harapkan masyarakat bisa memanfaatkan dunia digital khususnya bagi generasi Z," ucapnya kepada awak media.

Bahkan, imbuhnya, sudah mau memasuki generasi Alfa. Angkatan muda saat ini diharapkan bisa memanfaatkan agar dapat berubah menjadi pendapatan.

Tujuan pelatihan itu, tegasnya, utamanya kedepan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat. Dengan membuat konten yang berguna, segingga bernilai ekonomis.

Untuk itu pemuda desa setempat sebutnya, jangan hanya menjadi obyek, tapi mereka menjadi subyek. Caranya, menurutnya, dengan menjadi kreator handal.

Kegiatan itu, kata dia, pendanaannya bersal dari APBDes. Kedepan pihaknya juga bakal terus mensuport.

"Segala hal yang menyangkut kebutuhan-kebuthannya akan kita terus upayakan jika itu bermanfaat dan dimanfaatkan," terangnya

Sementara Camat Selong, Baiq Widiani Astuti, mengapresiasi kegiatan itu. Kades setempat, ujarnya, sangat jeli melihat peluang yang dibutuhkan oleh masyarakat.

"Penganggaran itu harus melihat kebutuan, bukan keinginan," terangnya

Saat ini, lanjutnya, merupakan era teknologi serta masanya society, sehingga masyarakat membutuhkan informasi yang menarik. Tentunya yang memberikan dampak positif dan bisa memajukan pembangunan di desa itu.

Dengan adanya pelatihan konten krator ini harapanya, pemuda yang telah dilatih mampu memberikan informasi luas tentang desa itu memiliki segudang potensi. 

Pemerintah Desa, kata dia, tinggal menyiapkan infrastruktur. Salah satunya wifi gratis bagi masyarakat di desa setempat.

"Kalau kami di kecamatan mengevaluasi di penyusunan APBDes, sehingga pak Kades bisa menganggarkan di APBDes tahun 2024," ucapnya

"Kesemua itu dibuthkan untuk mewujudkan kampung digital di desa Denggen Timur," tambahnya

Terpisah Wakil Ketua DPRD Lotim, Daeng Paelori, turut mengapresiasi kegiatan itu. Terlebih, kata dia, pesertanya dari kalangan pemuda.

Dikatakannya, banyak juga dari kalangan tua bahkan mantan pejabat negara yang memanfaatkan teknologi digital tersebut. 

Yang menarik juga di desa ini, kata Daeng, ialah usaha budi daya bebek. Jika hal tersebut disampaikan melalui media, menurutnya desa itu bisa memiliki ikon sendiri.

"Bicara digital harus ada penunjang, kegiatan ini harus ada output," tandasnya.(*)