Saat Suryadi Jaya Purnama (SJP) sampaikan berkomitmen dan mendorong dua Desa yaitu Desa Toya dan Aik Prapa untuk berjuang dalam pembangun Homestay.

Dimensintb.com,  Lombok Timur - Suryadi Jaya Purnama (SJP) berkomitmen dan mendorong dua Desa yaitu Desa Toya dan Aik Prapa Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur (Lotim), agar dibangun Homestay. Alasannya dua desa tersebut merupakan Desa Wisata.

Komitmen tersebut di tegaskan Anggota Fraksi Komisi V DPR RI, Suryadi Jaya Purnama, usai meresmikan Jembatan Gantung Kokok Tanggik, pada Kamis (25/01).

"Kita akan serahkan ini untuk dikolola Desa dan  kita akan dorong masyarakatnya untuk bangun homestay," jelasnya.

Menurutnya, dua desa ini merupakan desa Wisata yang memiliki potensi alamnya luar biasa. Oleh karena itu perlu ada kolaborasi dari semua pihak, baik pemerintah Pusat, Daerah, Legislatif dan termasuk pemerintah Desa. Agar potensi yang ada ini bisa dikembangkan dan dikelola dengan Baik.

"Selain Kita mendorong bisa dibangun Homestay. dan kami juga akan perjuangkan," cetusnya.

Kedepan lanjut SJP, rumah-rumah hunian masyarakat yang sudah tidak layak (kumuh-red) untuk dihuni. SJP harapkan untuk didorong untuk diusulkan program perbaikan dan penataan rumah tersebut menjadi homestay.

Sehingga rumah itu nantinya selain layak untuk dihuni oleh warga, akan tetapi juga layak untuk ditempati oleh para tamu atau para wisatawan yang akan berkunjung. Agar masyarakat dapat menyewakan kepada para wisatawan dan akan ada dampak ekonomi kepada masyarakat.

"Nanti kita bisa belajar kepada desa-desa yang lebih awal selenggarakan desa wisata. Terutama untuk meningkatkan ekonomi masyarakat," tandasnya.(*)