Momen penampilan salah satu peserta Gerak jalan kreasi Gerabah (Dok/DN) 

DimensiNTB - Lombok Timur,

Ada yang menarik hingga menyedot perhatian penonton dengan Atraksi Gerak Jalan Kreasi, kegiatan ini salah satu pendukung pada acara Festival Gerabah di Desa Masbagik Timur Kecamatan Masbgaik Kabupaten Lombok Timur. Jumat (26/8)

Kegiatan tersebut berjalan sukses dan meriah hingga mampu merebut perhatian ribuan penonton. Kegiatan tersebut, diukti sebanyak 23 peserta dari masing-masing Dusun yang ada di Desa Masbagik Timur.

Dimana masing-masing peserta menampilkan kreasi terbaik dan terunik guna menghibur penonton dan mengambil hati dewan juri untuk menjadi yang terbaik.

"Untuk lomba gerak jalan di tingkat Desa Masbagik Timur, sesuai dengan temanya yaitu "Gerka Jalan Kreasi", jadi yang mendominasi penilaiannya di sini adalah kreasi yang ditampilkan oleh peserta," kata salah satu dewan juri, Akhmad Marzoan kepada awak media

Lebih jauh, Marzoan mengatakan bahwa kreativitas yang ditunjukan para peserta cukup variatif. Hal itu tentunya sebagai bahan penilaian dalam menentukan juara satu dan seterusnya.

"Jadi, sekali lagi untuk penekanan nilainya di sini adalah di kreasi, kreasi peserta, kemudian ada beberapa yel-yel juga menjadi bagian dari penilaian kita," jelasnya

Menurutnya, peserta atau kontingan dibebaskan membuat kreasi, seunik dan semenarik mungkin yang bisa memukau para penonton hingga dewan juri, namun tatap dalam konteks yang positif.

"Tentunya tidak mengandung yang sifatnya bullying, kemudian yang porno gitu, itu kami tidak toleransi," kata dia.

Sementara itu, pihak panitia diwakili Juliandi mengungkapkan bahwa untuk peserta gerak jalan kreasi tersebut diikuti 23 peserta. Peserta sendiri ada yang dari sekolah, umum dan remaja - remaji dari sejumlah RT. Namun untuk penilaian nya, jelas Andi, disatukan menjadi umum.

"Jadi, ini hasil keputusan dari rapat bersama teman-teman panitia sebelumnya, tahun ini kita satukan (kelasnya, red) dulu," jelas Juliandi.

Menurut Ketua Karang Taruna Gerabah Makmur Desa Masbagik Timur itu,yang menjadi titik fukus pada tahun ini adalah Festival Gerabahnya, namun kata dia, banyak dari masyarakat yang ingin untuk digelar gerak jalan seperti tahun-tahun sebelumnya pada momentum Agustus ini.

"Karena kalo kita lihat di beberapa tempat di desa-desa lainnya, gerak jalan itu banyak yang mengadakan, tetapi ini loh, yang jadi identitas kita yang tidak ada di tempat lain yaitu Festival Gerabah," lanjut pemuda yang juga pendidik itu.

Sejauh ini, kata Andi, ada beberapa kegiatan pendukung yang sudah terlaksana sebagai rangkaian dari Festival Gerabah, diantaranya, jalan sehat sebagai kegiatan pembuka pada 21 Agustus beberapa hari lalu.

"Dan hari ini juga ada gerak jalan juga sebagai rangkaian kegiatan pendukung dari Festival Gerabah, yang insyaAllah kita adakan tanggal 28 Agustus nanti," lanjutnya.

Selain itu, pihak panitia juga menggelar workshop menghias dan melukis gerabah yang diikuti peserta dari pelajar tingkat PAUD, TK, SMP dan SMA yang ada di desa Masbagik Timur sebagai breafing dalam lomba menghias dan melukis gerabah pada acara puncak nanti. (DN/01)