Fikri Johandi, Barista asal Masbgaik Saat menerima hadiah Juara ke 3 di Gersik, Jawa Timur (Dok/DN) 

DimensiNTB - Nusa Tenggara Barat,

Terlihat senyum kebahagian yang terpancarkan dari wajah salah satu peserta Fikri Johandi asal Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur (Lotim).

Dimana Fikri berhasil menjadi juara tiga pada kompetisi Lomba kreatifitas menyeduh kopi 'Gresik Fun Brewing Competition 2022' Tingkat Nasional yang di selenggarakan di kantor pusat K3PG Gresik, Provinsi Jawa Timur.

Sebelumnya, Lomba kreatifitas menyeduh kopi 'Gresik Fun Brewing Competition 2022' diselenggarakan di kantor pusat K3PG Gresik, Jawa Timur, Rabu 17 Agustus 2022. Diikuti oleh puluhan Barista dari berbagai wilayah di indonesia, diantaranya dari Surabaya, Bandung, Jogjakarta, Gresik, Jakarta dan Lombok.

Kepada media DimensiNTB.com, Fikri menuturkan selain dirinya mendapatkan juara tiga, sementara juara pertama ditempati oleh Iqbal asal Bandung Jawa Barat dan  Fery dari  Gresik Jawa Timur menempati posisi ke dua.

Meski berada pada posisi ketiga, Fikri merasa sangat senang dengan adanya kompetisi ini. Karena, baginya kompetisi ini dapat membangkitkan dan mengembangkan potensi dirinya untuk menjadi barista profesional.

Fikri juga sangat bersyukur atas pencapaian yang diraih, baginya suatu kebanggaan bisa mengharumkan dan bisa membawa nama Daerah di mana dirinya berasal.

Selain menjadi kebanggaan bagi dirinya, Fikri mengaku merasa tertantang dengan adanya lomba menyeduh kopi ini. Karena baginya kompetisi tersebut punya motivasi tinggi untuk meningkatkan potensi dirinya.

"Saya sangat bangga dengan keberhasilan saya meraih juara tiga," cetusnya penuh dengan bangga, Jum'at (19/08).

Tidak itu saja, atas pengalamannya mengikuti kompetisi seperti ini dirinya berfikir memang harus selalu diadakan di setiap Daerah, karena baginya selain sebagai ajang untuk menjadi yang terbaik, kompetisi ini juga sebagai bentuk silaturrahmi dan berbagi ilmu antar sesama barista se Indonesia.

"Kompetisi seperti ini bagi saya sendiri untuk membangun jaringan sesama barista, petani kopi dan Roastery (Penyangrai kopi ) untuk mempromosikan produk kopi dalam negeri," sebutnya.

Oleh karena itu, Fikri juga berharap nantinya kepada generasi muda mampu lebih kreatif, entah sebagai Barista atau pelaku UMKM yang mampu menghasilkan nilai ekonomi dan bermanfaat bagi dirinya ataupun bagi Daerah serta Negara.

"Harapan saya kedepannya bagi generasi muda-mudi untuk melakukan hal-hal yang positif dan bermanfaat," katanya. (DN/01)