Poto Gubernur NTB Dr. H. Zulkiflimansyah di dampingi Bupati Lotim Drs. H. Sukiman Azmy saat membuka acara Festival Gerabah Desa Masbgaik Timur. (Dok/DN) 

DimensiNTB - Lombok Timur,
Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Dr. H. Zulkifkimansyah bersama Bupati Lombok Timur Drs. HM. Sukiman Azmy menghadiri pembukaan kegiatan Festival Gerabah, Minggu (28/08). Bertempat Gedung Serbaguna Desa Masbgaik Timur Kecamatan Masbgaik Kabupaten Lombok Timur (Lotim).

Selain Gubernur NTB Dr. Zulkifkimansyah dan Bupati Lotim HM. Sukiman Azmy, juga hadir Anggota DPRD NTB H. Abdul Hadi, Kadis Perdagangan NTB Faturrahman, Kadis Perindustrian NTB Nuryanto SE. ME, Kadis UMKM Provinsi NTB, Kapolres Lotim AKBP Heri Indra Cahyono SH SIK MH, Dandim 1615/ Lotim Letkol Inf Amin M, Camat Masbagik  Drs H Muhidin, Kapolsek Masbagik AKP Ery Arinanto SH, Danramil 05 Masbagik Kapten Inf Abdul Wahab.

momen Poto para tamu undangan dalam acara pembukaan Festival Gerabah di Desa Masbagik Timur

Bupati Lotim HM. Sukiman Azmy dalam sambutanya mengatakan, aktifitas masyarakat Lombok Timur di mana - mana mulai tingkat Desa dan kecamatan untuk saat ini banyak yang mengadakan festival. Karena kebebasan dalam beraktifitas pasca pandemi covid 19.

Kesempatan itu pula, Bupati menyampaikan berkomitmen untuk terus membantu dalam mempromosikan hasil kerajinan gerabah. Hal Itu sesungguhnya sudah mulai dilaksankan ketika ada pejabat pusat yang hadir langsung di promosikan bahkan langsung dibawa untuk di perkenalkan langsung.

"Ketika beberapa pejabat yang hadir di lotim kita bawa dan kita perkenalan langsung kreasi gerabah," ucapnya.

Akan tetapi, di akui Bupati belum optimal. Oleh karena itu, Ia berharap kepada pemerintah Daerah Provinsi NTB untuk membantu dan memfasilitasi para pengerajin Gerabah dalam mempromosikan kerajinan gerabah tersebut.

Di tempat sama, Dr. Zulkiflimansyah Gubernur NTB dalam sambutanya mengatakan, Festival Gerabah Masbagik ini harus berlanjut. Karena ini salah satu ruang atau wadah untuk mempromosikan nilai jual gerabah di tingkat Nasional.

Poto Peserta Festival Gerabah

Gubernur juga menitip pesan dan meminta kepada pemuda dan masyarakat Masbagik Timur jangan hanya kegiatan Festival saja yang sukses. Akan tetapi tidak berdampak kepada peningkatan penjualan. Karena dalam semangat bisnis indikatornya adalah penjualan dan keuntungan.

"Saya menitip pesan gelaran sukses tetapi jualan juga sukses, "ujarnya

Salin itu, dalam kesempatan itu Gubernur meminta Bupati dan kadis perdagangan agar terus berupaya mempromosikan gerabah ini sampai di tingkat dunia.

Apakah gerabah Masbagik ini hanya digunakan sebagai perhiasan kantor atau candra mata. Hal itu, Gubernur meminta kadis perdagangan harus bisa mendefinisikan gerabah ini sebagai barang yang tinggi nilai harga jualnya.

Selain itu juga, menurut Gubernur harus bisa menarasikan dari kerajinan Gerabah. Karena kalau salah mendefinisikan nasinya, maka akan berdampak salah cara memasarkan. Hal ini akan ada dampak terhadap hasilnya.

"Saya ingin ada kemajuan usaha gerabah ini, dengan ada  dampak meningkat pendapatan," tutupnya

Sementara itu, Juliandi Ketua Panitia dalam pidatonya mengungkapkan seluruh elemen berkomitmen mengadakan Festival Gerabah dan kedepannya kegiatan ini akan terus di adakan.

Poto salah satu peserta mewarnai Gerabah

Dalam kesempatan itu, Ketua panitia Juliandi berharap kepada pemerintah untuk ikut membantu mempromosikan kerajinan dan bahkan bisa membantu memperkenalkan kerajinan gerabah ini sampai manca Negara.

Tambahnya, Ia menyampaikan ucapan terima Kasih kepada Pemerintah Provinsi NTB dan pemerintah Daerah Lombok Timur yang sudah memberikan dukungan untuk terlaksananya kegiatan ini.

"Kami dari panitia mengucapkan terima kasih kepada Gubernur, Bupati dan semua para tamu undangan yang menghadiri acara ini, sehingga acara ini bisa berjalan lancar," ujarnya.

Gubernur NTB bersama OPD terkait Provinsi NTB di dampingi Bupati dan Forkopimda Lotim melakukan pemukulan Gong sebagai tanda resminya Festival Gerabah Desa Masbagik Timur digelar. (DN/01)