ini salah satu momen event olahraga seni dan budaya Belanjakan.(poto Istimewa/DN) 

DimensiNTB - Lombok Timur,

Belanjakan berasal dari suku kata dalam bahasa suku Sasak di pulau Lombok, yaitu “Lanjak” yang berarti menendang sambil mendorong. Secara umum olahraga belanjakan berkembang pada elemen masyarakat Kecamatan Masbagik Kabupaten Lombok Timur, Minggu (04/09).

Dimana Belanjakan merupakan pertarungan dua orang laki-laki dengan tangan kosong, pertarungan ini hanya boleh menggunakan kaki sebagai senjata dan tangan sebagai perisai.

Dalam sejarahnya Belanjakan pada zaman dahulu, Belanjakan tidak hanya dilakukan satu lawan satu. Pada permainan Belanjakan diperbolehkan satu lawan dua orang atau lebih, namun dalam perkembangannya Belanjakan dilaksanakan dengan sistem permainan satu lawan satu (Duel).

Dari sejarahnya, dapat disimpulkan bahwa Belanjakan merupakan salah satu cabang olahraga tradisional masyarakat suku Sasak atau suku yang ada di pulau Lombok yang ada di wilayah Kecamatan Masbagik.

Dimana dalam olahraga Belanjakan yang secara umum dimainkan gerakan kaki dengan teknik yang berbeda dengan cabang olahraga lainya, Belanjakan adalah seni bela diri khas masyarakat Masbagik di Kabupaten Lombok Timur.

Selain itu juga Belanjakan merupakan Olahraga tradisional dengan mengadu kekuatan fisik antara dua orang laki-laki yang menggunakan   teknik tendangan, bantingan dan tepisan juga Kuncian.

Terkait itu, Lalu Malik Hidayat menjelaskan  secara ringkas tujuan dilaksanakannya belanjakan dari perspektif histori Belanjakan yaitu, pertama, Penjaringan pasukan pertahanan Kerajaan Selaparang pada masa ekspansi Bali di Lombok.

Kedua, ajang penjaringan Pepadu yang diutus untuk menyerang markas Jepang di kawasan Masbagik pada masa penjajahan Jepang di Lombok. Ketiga, sebagai ajang olahraga tradisional dan sekaligus sebagai sarana latihan ketahanan tubuh dan Sebagai hiburan rakyat.

Selanjutnya terakhir, sebagai ajang silaturrahmi masyarakat masyarakat Masbagik pada khusunya dan Lombok pada umumnya.

Pada era modern ini Belanjakan dikemas dalam sebuah seni pertunjukan yang disajikan dalam sebuah event yang digelar setiap tahun di Kecamatan Masbagik yaitu Masbagik Festival. (DN/01)