Ribuan Santri dan Jamaah NWDI mengikuti Hiziban Akbar di Gor Hamzanwadi Pancor Lombok Timur. (DN/Istw) 

DimensiNTB - Lombok Timur,

Untuk menyemarakkan Hultah Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) ke-87 di Kota Kelahirannya Pancor Kabupaten Lombok Timur, berbagai kegiatan digelar baik berupa bakti sosial, perlombaan dan kegiatan keagamaan sejak tanggal 31 Agustus 2022 lalu.

Salah satu kegiatan keagamaan yang terus dibumikan adalah Hiziban Akbar, yang mana Hizib Nahdlatul Wathan merupakan kumpulan do'a yang disusun oleh Al Magfurullah Maulana Syaikh TGKH.Muhammad Zainuddin Abdul Madjid, selaku pendiri NW dan NWDI. Hiziban Akbar digelar di Medan Hultah NWDI ke-87. Kamis (15/09)

"Sebanyak 9 ribu jamaah dan santri pada hari ini mengikuti Hiziban Akbar di Gor Hamzanwadi, yang di mulai dari pukul 08.15 WITA,” ucap Ketua Umum YPH PPD NWDI Pancor H. M. Djamaluddin kepada awak media disela-sela acara Hiziban Akbar tersebut.

Djamaluddin mengungkapkan Hiziban Akbar merupakan kegiatan yang sudah beberapa kali diadakan sejak akhir Agustus lalu, dan untuk hari ini menjadi agenda khusus panitia berupa Hiziban Akbar di lakukan 3 hari sebelum acara puncak Hultah NWDI.

“Hiziban ini tentunya proses untuk kita menyambut tibanya Hultah NWDI,” tuturnya.

Pada umur ke-87 tahun NWDI menandakan usia matang untuk sebuah Madrasah secara historis. Untuk itu lah, di harapkan dalam kegiatan hultah ini adalah semangat awal terbentuknya madrasah.

“Pada hultah NWDI ke-87 ini kita harapkan semangat awal madrasah bisa kembali di tegakkan, yakni menjadi madrasah yang mencetak nahdliyin, dan kita menjadi penghimpun madrasah yang lain setelahnya,” tegasnya.

Semangat itulah yang ingin di teruskan dengan hultah yang ke-87 NWDI, mengingat saat ini sudah ada ormas NWDI yang semangatnya sesuai dengan semangat madrasah di awalnya.(DN)