Poto Hafizulloh Mashuri Dewan Pembina Forum Masbgaik Bersatu (Formabes). (dok/DN) 

DimensiNTB - Lombok Timur,

Pembanguan Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) yang berlokasi di eks Pasar Paokmotong Kecamatan Masbgaik Kabupaten Lombok Timur, ada yang pro dan kontra dalam pembanguan tersebut.

Salah satu dukungan datang dari tokoh Pemuda Masbagik Hafizulloh Mashuri, dimana dengan pembanguan Kawasan Industri Hasil Tembakau sangat bagus dan tepat untuk meningkatkan iklim ekonomi di wilayah Lombok Timur.

"Tentunya sangat kita sambut baik, ini artinya akan ada sentra pengelolaan industri hasil tembakau, kalau KIHT ini ada ini kan sangat bagus untuk meningkatkan iklim ekonomi di wilayah kita," ujarnya

Dukungan ini, sambung Bung Hafiz, dengan melihat tujuan dibangunnya KIHT, ini untuk meningkatkan daya saing industri kecil dan menengah disektor hasil tembakau, dan pastinya ini akan ada geliat usaha yang akan semakin tumbuh dan terjamin dengan adanya kawasan ini.

Masih kata Bung Hafiz yang juga Pembina Forum Masbgaik Bersatu (Formabes), terkait dengan tempat yang ditetapkan untuk pembangunannya di eks pasar Paokmotong kecamatan Masbagik, sebutnya lokasi ini sangat strategis dan tepat untuk dibangunkan KIHT.

Karena kalau melihat Masbagik khususnya Desa Paokmotong, dimana karakter dan mata pencaharian penduduknya sebagian besarnya adalah pengusaha.

"saya yakin dengan keberadaan KIHT tersebut masyarakat setempat akan merasakan dampak yang sangat positif dan geliat pelaku UMKM akan bertambah baik dan maju," ucapnya.

Lebih jauh dikatakan Hapiz, terkait adanya yang melakukan penolakan pembangunan ini sah-sah saja, akan tetapi ketika melakukan penolakan harus memiliki dasar yang jelas dan dalam melakukan penolakan pun harus jelas unsurnya. Karena sebagian besar masyarakat Masbagik tidak mempersoalkan pembanguan KIHT ini.

"yang menolak ini entah tujuannya apa tidak jelas juga, mereka menolak bawa-bawa nama masyarakat, itu palingan untuk mereka sendiri, masyarakat setempat menerima dan baik-baik saja kok," cetusnya.

Intinya, ditegaskan Hafiz, pembangunan KIHT di Desa Paokmotong ini harus tetap berjalan, karena ini mempunyai efek yang sangat besar terhadap kemajuan ekonomi Daerah ke depan.

Selain itu, industrialisasi ini adalah sesuatu yang mau tidak mau kita harus mengikuti dan peka terhadap keberadaanya, ini demi tercapainya kehidupan sosial ekonomi yang lebih terjamin.

"kita jangan terlalu konservatif dalam berfikir dan jangan juga alergi terhadap pembangunan industrialisasi," tandasnya. (*)