Momen pelepasan Dara (Burung Merpati) yang dilakukan oleh Pejabat dan Para tamu undangan sebagai akan dimulainya Festival Dara Ngindang III Desa Lendang Belo,(poto/DN) 

Dimensintb.com,Lombok Timur-

Bertempat di Desa Lendang Belo, Kecamatan Montong Gading, Kabupeten Lombok Timur. di Gelar kegiatan Festival Dara Ngindang III. Kegiatan berjalan sukses dan meriah, Sabtu (22/10/2022)

Kegiatan yang di berlangsung setengah hari itu dikemas sedemikian rupa, sehingga mampu memukau ratusan penonton dan tamu undangan yang hadir.

Pada acara tersebut ditampilkan juga musik tradisional, tarian dayang-dayang, tarian dara ngindang, perisean hingga acara inti yaitu pelepasan merpati oleh peserta dan tamu undangan.

Selain penampilan sejumlah atraksi, dalam kesempatan itu, dilakukan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Bupati Lombok Timur yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Lombok Timur.

Ketua paniti kegiatan Sunardi mengatakan, pada Festival Dara Ngindang III tahun ini, sedikitnya diikuti 152 peserta dari berbagai desa dan melepas 1500 merpati.

"Ada yang dari Desa Montong Betok, Desa Rarang, Desa Tetebatu dan desa lainnya," jelas Sunardi.

Camat Montong Gading, Arfin mengatakan Festival Dara Ngundang merupakan salah satu strategi dalam mempromosikan pariwisata di Lombok Timur.

"Kegiatan ini (Festival Dara Ngindang,red) juga merupakan salah satu strategi untuk melakukan promosi pariwisata," katanya.

Menurutnya Festival Dara Ngindang kini sudah masuk dalam kelender event pariwisata Lombok Timur. Hal itu, kata dia, ditandai dengan diresmikannya kalender event pariwisata Lombok Timur pada acara Ultah Lombok Timur beberapa waktu lalu.

"Kita mengapresiasi Pemda Lombok Timur yang sudah memberikan kesempatan untuk Festival Dara Ngindang masuk dalam kalender event pariwisata Lombok Timur," jelasnya.

Arfin menilai kegiatan-kegiatan seperti ini (Festival, red) di Kecamatan Montong Gading masih minim.Sehingga ke depan diharapkan bisa lebih banyak dan semakin berkembang di setiap desa di Montong Gading.

"Ke depan tidak hanya event dara ngindang yang kita laksanakan, tapi event-event lain juga kita laksanakan untuk membangun ekonomi masyarakat," harap arfin.

Sementara, Kepal Dinas Pariwisata Lombok Timur, Iswan Rakhmadi mengatakan sangat mengapresiasi kinerja dan usaha segenap panitia dan semua unsur yang sudah terlibat dalam mensukseskan Festival Dara Ngindang.

"Kegiatan ini tentu membutuhkan energi, menyita waktu, ide dan pikiran, tapi dengan ketulusan, keikhlasan, bapak dan ibu, teman kita dari Jakarta, dan berbagai tempat, kita bisa berkumpul di tempat ini, menyaksikan kegiatan yang luar biasa ini" katanya.

Iswan juga mengatakan kalender event pariwisata Lombok Timur akan dimulai pada tahun 2023 nanti. Di mana dalam event tersebut Festival Dara Ngindang sudah masuk dalam list event tersebut.

Menurutnya event yang akan digelar pada tahun 2023 nanti tidak lebih dari 50 event yang sudah direncanakan.

"Saya ingin menyampaikan bahwa kalender event pada tahun 2023 nanti memang betul dan masuklah Festival Dara Ngindang dalam event pariwisata Lotim," tangkas Iswan.