H. Daeng Paelori Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lombok Timur, dari Partai Golkar, (foto/istimewa) 

Dimensintb.com-Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur dalam hal ini Bupati Lombok Timur, seharusnya menyiapkan regulasi terlebih dahulu, sehingga secara formal keberadaan Kecimol (istilah musik tradisional), ini sendiri diakui keberadaannya.

Pengakuan keberadaan Kecimol itu sendiri oleh daerah adalah dengan membuat regulasi-regulasi atau peraturan oleh Bupati. Hal tersebut bisa  melalui peraturan Bupati yang mengatur tentang kesenian tradisional  yang dalam hal ini kecimol.

Demikian dikatakan Wakil Ketua DPRD Lombok Timur H. Daeng Paelori saat dikonfirmasi langsung diruang kerjanya, Kamis (26/01)

"Itu harus diatur regulasi dulu baru kita show, jadi Ini yang saya lihat ada kekeliruan kemarin," ungkap Daeng Paelori menyoroti festival yang digelar pada Rabu 25 Januari 2023.

Ia pun sangat menyayangkan adanya sekahe Kecimol yang pertontonkan goyangan erotis dan tidak bersesuaian dengan nilai-nilai adat budaya Suku Sasak, dalam event Festival yang digelar oleh Asosiasi  Kecimol (AL) NTB.

Sehingga, kata Daeng yang dari Fraksi Partai Golkar, tidak menimbulkan beragam komentar negatif dari masyarakat luas. Ia pun juga tidak pungkiri keberadaan Kecimol ini sendiri ada di tengah dan keseharian masyarakat.

"Kita tau bahwa dalam keseharian masyarakat kita, masyarakat menggunakan Kecimol ini, cetusnya.

Terkait aturan internal Assosiasi, ia tegaskan hal tersebut tidak bisa jadi acuan, karena aturan itu mereka sendiri yang buat. Pasalnya yang menjadi pertanyaannya adalah siapa yang akan lakukan pengawasan terhadap aktivitas dari kecimol itu sendiri. 

"Itu tidak bisa, karena itu aturan internal yang diatur oleh mereka sendiri," tegasnya.

Tambah Daeng, Masyarakat tidak bisa mengatur diri sendiri, karena akan terjadi benturan antara masyarakat dengan Sekaha itu sendiri. Sehingga peranan pemerintah daerah harus hadir dalam kondisi ini.

Masyarakat menegur langsung ke Sekaha, maka akan ada benturan masyarakat dengan Kecimol itu sendiri," tandasnya. (DN)