Ketua Litbang HW, Gema Ahmad Muzakir, SH,MH. (foto/istimewa) 


Dimensintb.com-Penelitian dan Pengembangan Hairul Warisin (Litbang HW) kembali memberikan pendidikan politik bagi kaum milenial di Kabupaten Lombok Timur. Hal tersebut dilakukan, mengingat begitu pentingnya pengaruh pemuda dalam keberlangsungan Pemilu 2024 mendatang.

Demikian diungkapkan Direktur Litbang HW Gema Ahmad Muzakir, saat memberikan sambutan di hadapan ratusan pemuda yang hadir pada acara silaturrahmi Litbang HW, Rabu (01/02). di Caffe Kanta, Kecamatan Masbagik, Lombok Timur.

"Kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi, tentukan sikap mulai dari sekarang," pesannya kepada para pemuda.

Menurutnya, peran dari muda-mudi sangat strategis dalam perpolitikan, dimana 60 persen pemuda merupakan populasi tertinggi pada Pemilu 2024 di Kabupaten Lombok Timur.

Mengingat begitu banyaknya pemuda di Lombok Timur membuat keikutsertaannya pada politik itu sangat strategis dan sangat penting dalam kemajuan Daerah.

"Saya lihat, pada acara silaturrahmi ini kesadaran pemuda sudah mulai terlihat, buktinya saya pikir hanya beberapa yang hadir, namun rupanya banyak sekali, dan itu bukan hanya berasal dari masbagik saja, namun dari beberapa Kecamatan yang ada di Lombok Timur," katanya.

Selain itu, ia juga memberikan pandangan bagaimana pentingnya pemuda pada pemilihan tahun 2023. Dimana kata dia, pemuda harus terus menunjukkan sikap kepeduliannya terhadap perpolitikan dari sekarang.

Terlebih nantinya mereka juga akan menentukan calon yang akan menentukan arah pembangunan daerah hingga negara ke depannya.

"Pemuda harus tentukan sikap, karena pemuda yang nantinya akan menentukan siapa yang akan memimpin arah perubahan berikutnya," sebutnya.

Gema juga memberikan pandangannya terhadap salah satu calon yakni Hairul Warisin. Hairul Warisin yang merupakan Bakal Calon Bupati Lombok Timur dari Partai Gerinda, dikatakan Gema merupakan salah satu calon yang perlu di perhatikan.

"Saat ini elektabilitas HW tinggi, beliau  merupakan salah satu calon yang elektabilitasnya tertinggi saat ini, itu berdasarkan hasil survei yang didapatkan, melalui survei di tiap desa yang muncul pertama adalah HW," tegasnya.

Lebih lanjut, dia juga mensuport kegiatan serupa yang ingin di jalankan ke depannya.

"Saya sangat suport kegiatan seperti ni, dan nantinya jika ada kegiatan serupa kita akan suport, dimanapun itu, untuk itu terus bangun kordinasi dengan Litbang HW," tutupnya.

Sementara itu, Ketua pelaksana kegiatan Pejuang Muda Muda HW Lotim, Lutfi Karyanto mengatakan bahwa pada tahun 2024 sekmen pemilih milenial adalah sekmen pemilih terbanyak. 

Menurutnya, peran pemuda juga sangat penting dalam kemajuan daerah, oleh katena itu pemuda harus ambil bagian dalam kontestasi 2024.

"ini menjadi tanggungjawab kita bersama untuk memberikan edukasi kepada para muda," tandasnya.(DN)