Kepala Pelaksana BPBD Lombok Timur, Lalu. Mulyadi. (foto/DN) 

Dimensintb.com - Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Timur Lalu Mulyadi, menghimbau dan meminta kepada masyarakat agar tetap waspada di lokasi-Lokasi wisata.

Pasalnya, beberapa kejadian atau musibah terjadi belakangan ini, salah satunya kejadian yang terjadi di pantai Tanjung Menagis Peringgabaya yang membuat pelajar Sekolah Dasar Hanyut dibawa arus gelombang.

Atas kejadian tersebut, pihak BPBD Lombok Timur berencana akan membuat jalur evakuasi di wilayah rawan bencana termasuk di lokasi wisata untuk menghindari kejadian atau peristiwa yang tidak diharapkan.

Demikian ungkap Kelak BPBD Lombok Timur Lalu Mulyadi, saat dikonfirmasi terkait kondisi cuaca hingga adanya korban di salah satu destinasi wisata Pantai, Senin, (13|3). 

"Pihak kami selalu menghimbau masyarakat agar menghindari tempat yang rawan, seperti di pantai karena adanya cuaca buruk," ungkapnya.

Menurutnya, titik lokasi yang akan berpotensi terjadinya bencana harus dihindari masyarakat, hal ini melihat situasi dan kondisi cuaca yang tidak menentu, dan sewaktu-waktu bisa terjadi. Sehingga lokasi berpotensi buruk harus dihindari.

"Tempat rawan banjir, longsor, arus deras, agar di hindari," katanya.

Tambahnya, ke depan akan dilakukan koordinasi dengan Dinas Pariwisata Lombok Timur terkait dengan rencana pembuatan lokasi jalur evakuasi di beberapa lokasi wilayah destinasi wisata yang ada di Lombok Timur.

"Tempat jalur evakuasi nantinya akan buat dan berkoordinasi dengan pariwisata nantinya," pungkasnya. (*)