Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno, didampingi Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Bupati Lotim HM. Sukiman Azmy, (foto/istimewa)

Dimensintb.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno mendorong Kabupaten Lombok Timur (Lotim) menjadi kabupaten kreatif dengan tentunya harus mengikuti proses uji petik. 

Demikian ditegaskan Sandiaga Uno dihadapan Gubenur NTB dan Bupati Lotim dalam kunjungan ke Lotim dengan menghadiri ‎kegiatan Workshop KaTa Kreatif yang diikuti pelaku UMKM di Kabupaten bertempat di Aula Balai Pelatihan Vokasi dan Produktifitas (BPVP) Lotim. ‎

Kemudian mengunjungi salah satu destinasi wisata Bukit Khayangan Labuhan Lombok Kecamatan Pringgabaya dan melakukan penandatangan prasasti, Rabu (17/05). "Kami mendukung Lotim menjadi kabupaten kreatif," tegasnya.

Sandi mengaku ‎siap memfasilitasi setiap daerah untuk mendaftarkan para pelaku UMKM yang ada. Karena merupakan proses perwujudan komitmen dan konsistensi agar ekosistem ekonomi kreatif di Lotim  semakin baik.

"Destinasi wisata di Lombok Timur berada pada level dunia dengan adanya Gunung Rinjani," terangnya.

Oleh karena itu, Menteri Pariwisata mengajak ‎ semua pihak membangun ekosistem ekonomi kreatif melalui dorongan terhadap tatanan sosio ekonomi. 

"UMKM menjadi pembuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat," paparnya.

Dalam kunjungan tersebut, turut Mendampingi kegiatan Menteri Menparekraf diantaranya ‎Gubernur NTB, H. Zulkieflimansyah serta Bupati Lombok Timur, HM. Sukiman Azmy. Salah satu destinasi wisata Bukit Khayangan Labuhan Lombok Kecamatan Pringgabaya dan melakukan penandatangan prasasti.

Menteri Pariwisata, Sandiaga Uno mengatakan Kabupaten Lotim memiliki destinasi wisata kelas dunia seperti Desa Wisata Tete Batu, Desa Wisata Kembang Kuning, Geofak Gunung Rinjani  Sembalun dan destinasi lainnya yang memiliki potensi sangat bagus untuk dikembangkan.

Begitu juga  produk kuliner dan fashion di Lotim juga menjadi potensi yang paling menonjol.

"Potensi-potensi yang ada harus terus dikembangkan oleh pemerintah kabupaten sehingga mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat," terangnya.

Sandiaga juga menyebut meskipun potensi, akan tapi tentunya masih ada kekurangan yang tentunya menjadi perhatian bersama. Dengan tentunya melakukan uji petik ‎

‎"Kita mendorong Pemerintah Lotim untuk menjadi kabupaten kreatif dengan mengikuti proses uji petik," tandasnya.(*)