Ketua Askab PSSI Lombok Timur, bersama Angkasa FC Juara Liga 3 Askab PSSI Lombok Timur tahun 2023, (foto/istimewa)

Dimensintb.com - Perhelatan kompetisi Liga 3 Askab PSSI Lombok Timur tahun 2023 telah bergulir mengesankan, yang diikuti oleh puluhan klub sepakbola seantero Lombok Timur, dengan total 198 pertandingan selama 40 hari jalannya kompetisi.

Di partai puncak Liga 3 Askab PSSI Lombok Timur 2023, mempertemukan dua tim terbaik, yakni kesebelasan Angkasa  FC berhadapan dengan Ambung Putra FC.

Pada laga final yang digelar di Lapangan Gelora Sikur itu, kesebelasan Angkasa FC asal Kecamatan Suela terlihat tampil lebih impresif sejak kick off babak pertama, dibandingkan dengan Ambung Putra Masbagik.

Tidak membutuhkan waktu lama, pada menit ke enam, Angkasa Putra sukses menjaringkan bola ke gawang Ambung Putra, setelah Renza Zulpiandi sukses mengonversi kemelut lewat sundulannya yang diawali dengan skema tendangan sudut.

Kedudukan 1-0 untuk keunggulan Angkasa Putra bertahan hingga pluit akhir pertandingan, ditiup oleh wasit pada laga yang berlangsung alot itu.

Skor 1-0 itu cukup  menjadikan Angkasa Putra menjadi juara Liga 3 Askab tahun ini, disusul oleh Ambung Putra sebagai runner-up. Sementara Garda FC dan PS Sikur Barat FC harus puas menjadi juara tiga bersama.

Direktur Liga Askab PSSI Lombok Timur, Iwan Setiawan seusai laga puncak menyatakan rasa syukur dan ucapan terimakasih mendalam kepada semua pihak yang mendukung Liga 3 Askab PSSI 2023 hingga berjalan sukses.

Dikatakan dia, selama 40 hari bergulirnya kompetisi, sinergi baik telah terbangun antar semua pihak. Terutama dari pihak keamanan dan unsur kepanitiaan, baik panitia lokal maupun dari Askab PSSI Lombok Timur sendiri.

"Kami ucapkan terimakasih mendalam kepada pihak TNI/Polri yang telah menjamin keamanan. Begitu juga dengan jajaran panitia yang telah meluangkan waktu, fikiran dan tenaganya sehingga jalannya Liga 3 Askab PSSI Lombok Timur tahun 2023 berjalan sukses tanpa ada gangguan," katanya.

Masih kata dia, terimakasih mendalam juga disampaikan kepada Ketua Askab PSSI Lombok Timur, H Rumaksi. Berkat dukungan sosok yang juga Wakil Bupati Lombok Timur itu, perhelatan kompetisi berjalan sesuai dengan target yang diharapkan.

"Selama dua tahun beliau menjadi Ketua Askab. Sepakbola Lombok Timur alami kemajuan signifikan. Tentu geliat sepakbola kita satu langkah lebih maju, tidak terlepas oleh jalannya kompetisi secara terstruktur dan rapi, dan semua itu didukung penuh oleh Ayahanda Rumaksi secara maksimal dan totalitas," ungkapnya.

Tak lupa dirinya menyampaikan selamat kepada Angkasa, yang sukses menjadi juara. Begitu juga dengan Ambung Putra, PS Sikur Barat dan Garda FC. "Kami sampaikan selamat kepada Angkasa, jangan berpuas diri atas capaian hari ini. Karena ini adalah langkah awal untuk kompetisi selanjutnya," tegasnya.

"Kami juga ucapkan selamat kepada 16 klub Liga 3 Askab PSSI Lombok Timur yang berhak lolos ke kompetisi kasta lebih tinggi. Sampai jumpa pada kompetisi Liga 2 Askab PSSI Lombok Timur yang akan kita mulai laksanakan pada tanggal 29 Juli 2023 nanti," imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Askab PSSI Lombok Timur, H Rumaksi SJ, SH menegaskan pihaknya akan mendukung penuh pembangunan sepakbola Lombok Timur agar lebih maju.

Ditegaskan dia, hal itu dilakukan melalui pembinaan pemain sedini mungkin, dengan melaksanakan perhelatan kompetisi-kompetisi berkualitas yang berjenjang dan berkala. Selain tentunya memperhatikan kompetisi berdasar kelompok umur.

"Kami akan terus membangun sepakbola Lombok Timur secara maksimal. Selama dua tahun kepengurusan di Askab, kami sudah membuat terobosan dalam memajukan sepakbola Lombok Timur. Alhamdulillah ikhtiar itu disambut sangat baik masyarakat, antusiasme masyarakat cukup tinggi dan yang tak kalah kami syukuri, semua kompetisi berjalan dengan kondusif," ungkapnya.

Sambung dia, membangun sepakbola harus dilakukan secara bersama. Tidak hanya mengandalkan PSSI saja. Tapi harus didukung penuh oleh pemerintah di setiap tingkatan, dan tentunya keterlibatan sektor swasta sangat dibutuhkan.

"Membangun sepakbola ini butuh kerja keras dan partisipasi semua unsur. Kita pada dasarnya sudah punya dasar hukum untuk itu, telah ada Perpres yang mengaturnya. Dari itu kami akan terus berupaya maksimal untuk kemajuan sepakbola Lombok Timur," sebutnya.

Dengan masifnya kompetisi yang digelar oleh Askab PSSI Lombok Timur, dirinya berharap muncul dan tumbuh atlet sepakbola asal Lombok Timur yang mampu berkiprah di level liga nasional dan masuk menjadi skuad garuda.

"Dengan digulirnya kompetisi Liga 3, Liga 2 dan Liga 1, Copa Lombok Timur dan kompetisi skala turnamen lain secara masif. Kami dari Askab PSSI Lombok Timur berharap lahir talenta berbakat yang masuk tim nasional dan membuat kita masyarakat Lombok Timur khususnya bangga. Bahwa kerja keras kita hari ini ternyata membuahkan hasil yang tak dapat ternilai dengan apapun juga," harapnya.

Dari itu, tentu dalam mencapai harapan tersebut, dibutuhkan keberlangsungan dan keberlanjutan pembinaan oleh pemerintah. "Doakan kami, agar perjuangan kami mencapai cita-cita itu, bisa terus berlanjut dan terlaksana di massa mendatang," tekannya. (*)