Lalu Joni Ns. Farmarontika Owner rumah Sunat Al-Farabi, (foto/istimewa)

Dimensintb.com - Dalam rangka memperingati hari jadi yang ke-4 tahun. Rumah sunat Modern AL-Farabi Denggen Kecamatan Selong Lombok Timur, menggelar donor darah dan sunat masal gratis untuk anak yatim piatu dan masyarakat kurang mampu.

Dalam sambutannya, Lalu Joni Ns. Farmarontika Owner rumah Sunat Al-Farabi, sampaikan bahwa pelaksanaan sunat masal gratis ini dilakukan setiap tahun. Bahkan dalam setahun bisa dilakukan lebih dari dua kali dengan menyasar pelosok-pelosok yang ada di NTB.

"Setiap tahun kami lakukan sunat masal gratis untuk anak yatim dan kurang mampu untuk membantu mereka. Syarat cukup dengan membawa foto copy Kartu Keluarga (KK) dan Surat keterangan Tidak Mampu  (SKTM) dari desa," jelasnya, Senin (31/07).

Lebih lanjut dikatakan, target anak yang akan disunnat pada tahun ini sebanyak 50 anak. Akan tetapi yang datang dan mendaftar diri hanya sebanyak 30 orang anak se pulau Lombok dan Sumbawa. Tidak tercapainya target ini disebutnya karena terbentur dengan budaya yang ada di Lombok.

Karena dijelaskan, kebiasaan orang Lombok ketika anak akan disunnat bisanya keluarga akan melakukan sukuran atau pesta, sehingga hal ini disebut sebagai salah satu pertimbangan orang tua atau keluarga sehingga tidak ikut untuk sunnat masal tersebut.

"Salah satu kendala kami itu adalah budaya. Karena dimana kan masyarakat kita kalau ada anaknya yang mau sunat pasti dia akan adakan syukuran atau pesta, tapi Alhamdulillah kalau ada yang datang tiba-tiba kami akan layani meski pendaftaran sudah kami tutup," terangnya.

Pada awal pengenalan sunat moderen ini, diakui penuh dengan tantangan dan cobaan, mengingat metode sunat moderen ini merupakan sesuatu yang baru di tengah-tengah masyarakat, dan banyak mitos atau cerita yang berkembang dimasyarakat sehingga masyarakat banyak memilih untuk menggunakan metode biasa.

Disebut ada beberapa kelebihan dari sunnat modern dibandingkan dengan sunat pada umumnya, yakni anak bisa langsung beraktivitas seperti biasa setalah disunat, langsung bisa mandi, langsung bisa menggunakan celana dan tingkat kesembuhan juga lebih cepat dari sunat  pada umumnya.

"Kami juga menyediakan tempat bermain untuk anak-anak, saat mengantri anak-anak bisa bermain dulu, kita biarkan senang-senang dulu, ini bertujuan agar anak tidak trauma berat ketika di sunat," ungkapnya.

Dirumah sunat Al-Farabienggunak empat metode sunat moderen diantaranya ialah metode Klamp, Tyrep and Rope (TNR), Sunat Termosil dan sunat pensusil. Adapun sunnat yang digunakan pada sunat kali ini ialah metode Termosil dan Pensusil.

"Kelebihan metode yang baru ini ialah , lebih minimnya rasa nyeri karena tidak ada alat yang tertinggal. Cuman ada lem dan itu akan kelupas dengan sendirinya. Boleh mandi seperti biasanya. Metode yang terbaru ini sekarang lagi ngetren," pungkasnya.(DN)