(foto/istimewa)

Dimensintb.com, Lombok Timur - Tim pelaksana program Kosabangsa Universitas Gunung Rinjani (UGR) Kolaborasi bersama UNMAS Denpasar melaksanakan kegiatan pelatihan laporan keuangan kepada Kelompok Pokdakan Putri Mandiri dan Kelompok Tani Mekar Tani Desa Sukadana Kecamatan Pemenang Lombok Utara, yang berlangsung pada Sabtu (28/10).

Pada kegiatan Pelatihan ini dihadari oleh Tim Pelaksana yakni Handri Jurya Parmi, S. Pi., M. Si, Muhammad Joni Iskandar, S. P., M. Sc dan Abdul Majid Junaidi, M., Pd. Beserta Tim Pendamping Dr. Eng. I GD Yudha Partama, S.Si,M.Si, Komang Dean Ananda, M.Sc dan Dewa Gana Kumara, M.Pd.

Selain itu, dihadiri oleh direktur LPPM Universitas Gunung Rinjani Karomi., M. Pd, dan peserta yang pelathan yaitu dari perwakilan anggota Kelompok Tani Mekar Tani dan Kelompok Pokdakan Putri Mandiri.

Mewakili UGR Karomi, M. Pd, dalam sambutan mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangat penting untuk membangun desa khususnya kelompok dalam perencanaan, pengelolaan, pelaporan dan pengawasan (4P) melalui pelatihan laporan keuangan.

“Laporan keuangan ini sangat bermanfaat didalam manajerial fungsional keuangan sehingga budidaya perikanan dan pertanian bisa secara berkelanjutan memberikan keuntungan ekonomis masyarakat,” ujarnya dalam keterangan rillis, Selasa (31/10).

Sementara itu, Handri Jurya Parmi, M. Si dan Komang Dean Ananda, S. Si, M. Sc menjelaskan bahwa laporan keuangan merupakan catatan sederhana terhadap input-output usaha sehingga dapat dengan mudah pengambilan keputusan dan pengawasan usaha untuk memperoleh keuntungan maksimal.

Sementara, Saraiyah Ketua Ketua Pokdakan Putri Mandiri, mengungkapkan seluruh anggota kelompok tani dan pokdakan merasa bersyukur telah mendapatkan ilmu baru berkaitan dengan laporan keuangan dalam program kosabangsa ini.

“Kami ucapkan banyak terimakasih kepada Kemendikbudristek, UNMAS Denpasar dan UGR yang telah membakali kami dengan pelatihan keuangan dan akhirnya kami baru mengetahui bahwa pengelolaan itu penting didalam usaha kelompok” ujarnya, seraya  berharap program seperti ini terus dilakukan untuk tngkatkan keterampilan.(DN)