Yudha Miliar Sandi Wakil Sekretaris DPD II KNPI Lotim bidang sosial yang juga aktifis Sosial

Dimensintb.com, Lombok Timur - Pengurus Dewan Perwakilan Daerah (DPD) II Komite Pemuda Nasional Indonesia (KNIPI) Lombok Timur (Lotim), mengingatkan Penjabat (Pj) Bupati Lotim dan Gubernur NTB untuk tetap program sosial menjadi prioritas dalam pembangun daerah.

Selain itu, pihnya juga berharap kepada Pejabat  untuk mengagandeng lembaga Sosial yang ada, sehingga akan lebih maksimal dampak terhadap ketimpangan sosial di tengah masyarakat. Termasuk keluarga komunitas rentan anak dan juga juga komunitas yatin piatu dan terlantar.

"Kita berharap semoga di pemerintahan Pj Bupati dan Pj Gubernur ini, dan tahun-tahun mendatang, semua lembaga sosial bisa di gandeng," ungkap Yudha Miliar Sandi Wakil Sekretaris DPD II KNPI Lotim bidang sosial yang juga aktifis Sosial, Jum'at (27/10).

Menurutnya, untuk memenuhi harapan tersebut dibutuhkan persepsi dan pemahaman, serta kolaborasi antara pemerintah dan lembaga Sosial yang ada yang ada di Lombok Timur dan juga termasuk di Nusa Tenggara Barat, yang selama ini bergerak secara sukarelawan tanpa pamrih.

Hal ini penting, agar dalam menjalankan misi-misi kemanusiaan dan menuntaskan kemiskinan serta stunting. Ia juga berharap Pemkab Lombok Timur  dan stakeholder terkait, memiliki kesamaan gerak langkah, dan memiliki komitmen sama dalam mendukung pelaksanaan program pembinaan kemasyarakatan terutama persoalan ekonomi masyarakat.

"Agar masyarakat kita tidak sedikit-dikit merantau ke luar Negeri, yang berujung pada angka kecelakaan kerja yang beresiko," terangnya.

Dikatakanya, Lembaga Sosial di Lombok Timur yang gerakkan oleh kalangan Pemuda sangat banyak, termasuk di lembaga sosial di Desa yang tumbuh secara organak. Hal ini, dibangun atas dasar kepedulian terhadap sesama, namun masih banyak kendala baik persoalan ijin dan dukungan Pemerintah.

"Kolaborasi dan dukungan bersama menjadi tanggung jawab kita bersama, untuk menjadikan misi kemanusiaan menjadi sebagai life stylenya anak muda," ungkapnya

Atas itu, Ia berharap Pemprov dan Pemkab dapat terus memberikan perhatian dan dukungan, bagi pelaksanaan dan pengembangan program-program kesejahteraan sosial di pulau Lombok. Mengingat angka stunting dan angka PMI masih cukup tinggi angkanya.

Ia juga berharap dengan hadirnya pengurus DPD II KNPI Lotim dapat menyamakan visi-misi dan persepsi sama dalam melaksanakan agenda untuk mensukseskan Lombok Timur sebagai kawasan yang ramah anak. Termasuk membuka banyak ksempatan kerjasama nantinya melalui program pembekalan skill bagi anak-anak muda yang di rencanakan oleh KNPI.

"Insya Allah dengan kerja keras dan dukungan dari semua pihak, terutama Pemkab dan Pemprov. maka kesejahteraan sosial masyarakat di Lombok dapat terus kita tingkatkan di masa mendatang,” tandasnya. (*)