Suasana saat Tim Pembaca Meter PDAM Lombok Timur, saat berkumpul untuk menerima reward insentif.

Dimensintb.com - Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Lombok Timur (Lotim), akan berikan insentif terhadap pelaksana pembaca meter. Dimana pemberian insentif ini sebagai penyemangat kepada pembaca meter agar ke depannya bekerja secara maksimal.

"Jadi pemberian insentif kepada pembaca meter kita kasih Rp.250/m yang di baca tambahan insentif. Tambahan ini mereka terima di luar gaji sebagai penyemangat untuk membaca meter supaya hasilnya maksimal," kata Direktur umum PDAM Lotim Helmy Eka Saputra, pada Kamis lalu saat memberikan reward insentif kepada pembaca meter, Jumat (1/03).

Menurutnya, hal ini dilakukan agar hasil pembaca meter ini maksimal, sehingga akan berdampak pada angka meter yang sebenarnya. Kedepannya bukan lagi pembaca meter yang hanya di perkirakan tanpa ada menunjuk bukti pembaca meter, Tapi pembacaan meter dengan tunjukkan data dari lokasi.

"Begitu mereka menginput data ke sistem meter tidak lagi terkaan belaka, tapi ketika bener mereka ke lokasi saya yakin pelanggan akan puas dengan pembayaran. Artinya sesuai pembayaran sesuai dengan pemakaian yang di gunakan pelanggan," ujarnya. 

"Adapun jumlah pembaca meter kita saat ini  sekitar 35 orang, sedangkan kita di lapangan banyak kendala yang di temui seperti rumah tutup, terjadi mutasi meter, meter macet dan meter rusak. Maka pihaknya juga identifikasi sembari membaca meter akan melihat berapa Kwh yang rusak, berapa jumlah yang kabur di daerah tesebut itu yang akan kita tindak lanjuti, " imbuhnya.

Dikatakan Helmy, kalau water meter rusak pemakaian pelanggan ini tentu tidak bisa terdeteksi dengan baik dan tentu tidak akan bisa terdeteksi sesuai pemakainya. 

"Dan di situ termasuk penyumbang NRW jadi kehilangannya kita di situ, misalnya pemakaian 12 kubik di catat hany 10 kubik kalo begitu kita kehilangan air 2000 liter." katanya.

Atas itu, dengan adanya reward ini harapannya menjadi penyemangat buat tim pembaca meter, agar pekerjaan menjadi maksimal kalau. Karena kalau pekerjaan sudah maksimal tentu pelanggan juga akan merasa di perhatikan pemakainya di setiap bulannya.

"Nantinya pelanggan juga mengukur diri dalam penggunaanya sedikit apa tidak nah itu. Harapan kita sehingga ada komunikasi yang terjalin antara pelanggan dan PDAM melalui pembaca meter ini," tutupnya.