Karyatul Aini 

Lombok Timur _ Adanya himbauan kepada seluruh sekolah di kecamatan Sikur untuk pengadaan CCTV oleh Kanit UPTD Dikbud membuat salah seorang pengelola sekolah keberatan, ia menuding bahwa hal tersebut adalah pemborosan anggaran karena tidak terlalu urgent.

Menjawab hal itu, Kepala UPTD Dikbud Sikur Karyatul Aini mengatakan, Pemasangan CCTV adalah hasil kesepakatan semua kepala sekolah dalam forum Rapat kepala sekolah pada bulan Januari 2024 . Namun walaupun begitu tidak ada perintah di haruskan memasang, buktinya dari 57 sekolah yg  ada di kecamatan Sikur hanya 28 sekolah yg memasang CCTV .

"Karena cctv ini sangat penting untuk memantau kegiatan disekitar sekolah, sehingga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan baik tindak kejahatan dan sebagainya, nanti APH bisa menggali informasi dari rekaman CCTV tersebut," ucapnya, Rabu (27/03).

statemen salah satu guru tersebut, dinilainya sentimen pribadi saja, sehingga masalah seperti ini tidak perlu harus dibesar-besarkan, kecuali pihak UPTD sendiri yang belanja langsung dalam pengadaan perangkat tersebut.

"Yang beli kan sekolah masing-masing, terus apa juga keuntungan saya, jadi janganlah ngomong sembarangan," ujarnya.

CCTV saat ini sudah sebagian besar digunakan disejumlah kantor dan rumah sehingga hal ini sebagai bentuk tanggung jawab lembaga kepada siswa, apalagi di Lombok Timur sendiri beberapa tahun terakhir banyak terjadi kasus-kasus kekerasan terhadap anak di sekolah, baik bullying dan sebagainya, sehingga jika terjadi hal-hal seperti itu bisa terpantau.

"Walaupun tidak bisa sempurna dalam hal pengawasan tapi setidaknya kita bisa meminimalisir, agar para wali murid juga nyaman menitipkan anak-anaknya dalam menimba pendidikan," jelasnya.


Disisi lain, perkembangan teknologi saat ini semakin berkembang, salah satunya cctv, sehingga tentu dunia pendidikan harus mengikuti perkembangan tersebut, sehingga ia berharap hal-hal seperti ini tidak usah dibesar-besarkan, lebih baik fokus bekerja dengan baik.

"Biarlah mereka mau ngomong apa, yang jelas saya sudah bekerja sesuai prosedur dan apa yang saya kerjakan sudah melalui kesepakatan bersama," pungkasnya. **