Direktur Umum PDAM Lombok Timur Helmy Eka Saputra, saat di memberikan keterangan kepada awak media.

Dimensintb.com, Lombok Timur - Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Lombok Timur (Lotim) realisasikan pendapatan dari pelanggan per bulan Maret 2024 memasuki angka Rp 3.881.447.606 angka ini adalah akumulasi dari 14 cabang dan unit PDAM yang tersebar di Lombok Timur.


Demikian dikatakan Direktur Umum PDAM Lombok Timur Helmy Eka Saputra, saat di wawancarai oleh awak media di kantornya, (22/03).


"Kita ada 14 cabang dan unit dan ini semua akumulasi dari keseluruhan cabang itu. Memang rata-rata untuk penerimaan kita di PDAM ini 1,5 M sampai dengan 1,7 M untuk di 2024 ini sesuai target perbulannya," kata Helmy.


Dijelaskan Helmy, target untuk tahunan tidak bisa di pastikan, karena berkaitan dengan penerimaan dan piutang. Artinya kalau di tim penagih bisa lebih maksimal dalam penagihan piutangnya baik yang tiga bulan, enam bulan sampai yang dua tahun tentu akan ada progres kenaikan.


"Tapi secara rata-rata perbulannya ini seperti yang saya informasikan tadi 1,5 M sampai 1,7 M perbulan dan bisa di kalikan selama 12 bulan," ujarnya.


"Kalau tips dan trik kami di PDAM pada 2024 ini, ada upgrade untuk sistem kami lagi upgrade sistem dan aplikasi. Sehingga nantinya pelanggan PDAM itu akan kami informasikan dulu sebelumnya, tapi kami akan matangkan dulu sistemnya, kami akan buat sistem WhatsApp blast kami bisa informasikan dulu ke pelanggan," imbuhnya.


Dicontohkan Helmy, dimana pelanggan A menggunakan air di angka sekian, maka akan bisa di kalikan sendiri penggunaan air untuk bulan kedepannya dan bisa langsung membayarkan. Jadi pelanggan juga tidak perlu nunggu di tagih pelanggan langsung bisa bayar melalui M-banking.


"Sedangkan untuk di April nanti untuk aplikasi sistem keuangannya untuk setiap pelanggan itu akan kami buatkan titik koordinat, jadi nanti akan ketahuan mana pelanggan yang sudah bayar dan belum bayar, kita digitalisasi untuk mempercepat dan menghemat SDM," tandasnya.(*)