Poto. Saat Kunjungan Menteri Sosial RI Tri Rismaharini di dampingi Bupati Lotim HM. Sukiman Azmy di RSUD


DimensiNTB - Lombok Timur - Menteri Sosial Republik Indonesia (RI) Tri Rismaharini, di dampingi Bupati Lombok Timur HM. Sukiman Azmy memantau kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis di RSUD Lombok Timur dalam rangka rangkaian Kegiatan Hari Anak Nasional 2022 di Lombok Timur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (30/07)

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Kemensos RI, Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas, Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur dan RSUD Lombok Timur (Lotim) dan Pemerintah Daerah Provinsi NTB.

Tercatat sudah 326 warga Lotim lolos screening dan siap di operasi. Pelaksanaan akan dilakukan secara bertahap hingga tanggal 2 Agustus 2022. Selain mendapatkan operasi katarak, merekapun akan diberikan bingkisan sembako dan sarung.

Bakti Sosial ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari Hari Anak Nasional (HAN) 2022 yang jatuh pada tanggal 23 Juli 2022 dan  diselenggarakan di berbagai provinsi di Indonesia, salah satunya Lotim.

Kegiatan ini telah dilaksanakan di 21 kecamatan sejak tanggal 23 Juli 2022 dan puncak acara untuk Kabupaten Lotim akan diselenggarakan di Kantor Bupati Lombok Timur dan 4 titik lainnya yaitu Kecamatan Sembalun, Terara, Jerowaru dan Pringgabaya secara serempak pada tanggal 1 Agustus 2022 dengan melibatkan 1.000 anak lebih.

Bentuk kegiatan yang dilakukan antara lain pemeriksaan kesehatan gratis bagi anak, pemeriksaan dan pemberiaan kaca mata, penyuluhan sosial terhadap anak dan orang tua tentang perlindungan terhadap anak, khitanan massal, pemberian bantuan dan ATENSI bagi anak disabilitas berupa penyerahan alat bantu kursi roda, alat bantu dengar, tongkat pintar dan lainya.

Renovasi rumah layak anak, melakukan aktifitas dongeng musikal, permainan tradisional, olah raga dan seni, pemberian layanan pemenuhan hak sipil anak berupa perekaman data anak, pembaharuan data keluarga, pendaftaran akte kelahiran anak, serta pembuatan kartu identitas anak.

Kegiatan Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis bertujuan membantu permasalah masyarakat penerima manfaat baik orang tua dan anak-anak agar kedepannya lebih bahagia, sehat, sehingga melahirkan keluarga-keluarga yang tangguh dan sejahtera.

Harapannya, ini dapat menjadi percontohan juga bagi daerah lain seluruh Indonesia. Kebahagian yang dirasakan anak-anak Lombok Timur, mejadi virus kebahagiaan bagi anak Indonesia di Pulau Bertam (Kepri), Aceh, Suku Anak Dalam Jambi, Jawa, Kalimantan bahkan hingga ke Papua.