Kegiatan senam di halaman Puskesmas Pembantu Desa Danger Kecamatan Masbagik. (poto/DN) 

DimensiNTB - Lombok Timur,

Puskesmas Pembantu (Pustu) sesuai dengan fungsinya salah satunya yaitu, melaksanakan penyuluhan kepada masyarakat tentang kesehatan dan berkoordinasi dengan melakukan pemerintah Desa dan bidan Desa dalam meningkatkan peran serta masyarakat dalam bidang kesehatan.

Karenakan Puskesmas Pembantu merupakan salah satu fasilitas kesehatan sebagai penyambung pelayanan kesehatan terhadap masyarakat Desa di wilayah kerja Puskesmas.

Atas fungsi tersebut, kepada media ini Kelapa Pustu Danger Sapowan mengatakan, saat ini di Pustu Desa Danger Kecamatan Masbgaik Kabupaten Lombok Timur (Lotim) menyiapkan inovasi program dalam rangka mengajak masyarakat untuk hidup sehat.

Program itu, Lanjut Sapowan diantaranya, inovasi program Pustu menyapa lansia dengan mengadakan senam prolanis setiap hari Rabu dihalaman pustu dengan jumlah puluhan peserta lansia.

"Kita ada inovasi program Pustu menyapa lansia dengan mengadakan senam prolanis setiap hati rabu sore dihalaman pustu dengan jumlah puluhan peserta lansia," katanya, Rabu (28/09)

Masih Kata dia, Program ini bertujuan untuk melakukan sentuhan-sentuhan sekaligus edukasi kepada masyarakat, dengan mengajak kepada masyarakat bagaimana bisa membudayakan hidup sehat, salah satunya dengan melakukan olahraga.

Selain itu, juga disiapkan ruang diskusi dengan  inovasi pojok curhat di Pustu Danger. Ini disiapkan bagi remaja dan remaji yang ingin diskusi atau curhat tentang masalah kesehatan bahkan berdiskusi tema lainnya.

"Pustu Danger kita jadikan sebuah kebutuhan bagi masyarakat, kita tidak lagi mengharapkan orang sakit yang datang berobat, tetapi kita inginkan masyarakat sadar akan bagaimana mencegah sebelum sakit dan memberikan edukasi tentang kesehatan," katanya.

Dikatakan juga, atas kepercayaan dari Kadis kesehatan Lotim dan Kepala Puskesmas Lendang Nangka selaku petugas Pustu Desa Danger, serta dukungan dari pihak Pemerintah Desa Danger. Sehingga beberapa program - program yang direncanakan dapat terlaksana dengan lancar.

"Saya ucapkan terimakasih kepada pihak yang memberikan kepercayaan dan dukungan kepada saya, sehingga program ini bisa kita jalankan," tandasnya. (DN)