Dimensintb.com, Lombok Timur - Rangkaian kegiatan peringatan Hari Sumpah Pemuda disertai dengan Anniversary ke-40 Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Masbagik digelar selama dua hari, tanggal 28 dan 29 Oktober 2022. Bertempat di Pelataran Taman Sekolah.

Kegiatan tersebut di ikuti oleh Peserta didik, Manajemen, Guru, Tenaga kependidikan dan Alumni SMAN 1 Masbagik, Sabtu (29/10).

Menurut sejarahnya, SMA Negeri 1 Masbagik yang didirikan pada tanggal 27 Oktober 1982, merupakan sekolah tertua kedua di Kabupaten Lombok Timur. Nama SMAN 1 Masbagik sudah sangat dikenal di NTB, hal ini tidak lain disebabkan prestasi prima yang diraih sekolah ini baik dalam bidang akademik maupun dalam bidang ekstra kurikuler.

Saat ditemui, kepada media Ketua Panitia Aldi Rahmah mengatakan, bahwa persiapan acara Anniversary ke 40 SMANSA Masbagik disertai dengan rangkaian memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-94. Acara persiapan selama dua bulan, dimana kegiatan ini sendiri dihadiri oleh lebih dari 200 orang alumni dan seribu lebih Pelajar SEMANSA Masbagik.

Dijelaskan pula, kegiatan pada hari pertama siswa dan siswi kelas XII mengikuti. upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda, kemudian lanjutkan dengan kegiatan Fashion show Bhineka Tunggal Ika dengan berbagai pakaian adat. Dihari kedua, beberapa kegiatan disiapkan sebagai semarak dalam rangka Anniversary SMA Negeri 1 Masbagik. 

"kegiatan pada pagi hari diantaranya Flash move, gerak jalan sehat, atraksi bela diri, Pramuka, PMR, Palamas dan lainnya, kegiatan ini sepenuhnya di manage oleh Panitia atas dukungan dana dari Kepala Sekolah dan para Sponsor,"Jelas Aldi.

Sementara salah seorang Alumni angkatan 2017 Bayu Ade Surya mengatakan, bahwa acara tersebut sudah lama tidak dilaksanakan karena kendala pandemi. Akan tetapi baru kali ini di adakan lagi dan kegiatan ini sangat didukung oleh para alumni.

"Alumni sangat mendukung adik-adik Panitia dan Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar," ujarnya.

Disingung terkait Ikatan Alumni SMANSA, Ia menyebutkan saat ini belum, akan tetapi tidak menutup kemungkinan kedepannya akan di gagas oleh para Alumni. Hal tersebut harus dibangun komunikasi lintas angkatan Alumni.

"Insyaallah dalam waktu dekat dirinya dan para Alumni para Senior dari berbagai angkatan akan menggagas Ikatan Alumni (IKA) SMA Negeri 1 Masbagik, bekerja sama dengan pihak sekolah yang mempunyai data lengkap tiap-tiap angkatan,"ucap bayu.

Acara Anniversary ke 40 SMANSA Masbagik dan Peringatan Sumpah pemuda ke 94 , berlangsung Cukup meriah dan berakhir pada pukul 14.00 Wita,  di akhiri penampilan Group Band LombokTe dan Group Band dari SMA Negeri 1 Masbagik, Bravo SMANSA Masbagik. (*)