Dimensintb.com-Badan Pusat Statistik (BPS) Nusa Tenggara Barat (NTB), Kembali merilis Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten/Kota, di seluruh Indonesia tahun 2022, dalam rilis tersebut Kabupaten Lombok Timur naik ke peringkat 7 di NTB, dari sebelumnya di Posisi 8, meninggalkan Lombok Tengah 1 tingkat

Atas Peningkatan tersebut, saat dikonfirmasi Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Timur Drs HM. Juaini taofik membenarkan hal tersebut, ia mengatakan Lotim dalam 3 tahun ini dapat melompat 2 tingkat, tentu ini patut disyukuri karena berkat kerja keras Pemda Lombok Timur dan dukungan dari Masyarakat hingga semua ini bisa terwujud.

"Walaupun kita ketahui Loteng paling bagus capaian peningkatan Ekonominya tapi kalah di 2 aspek dari Lombok Timur, yakni kesehatan dan pendidikan," ungkap Pria yang akrab dipanggil Kak Ofik ini, Kamis (01/12).

Naiknya IPM Lotim Ke Peringkat 7, kata sekda, tentunya akan berdampak pada IPM Provinsi, karena 26 % penduduk NTB ada di Lotim. Artinya jika IPM lotim naik maka signifikan pengaruhnya terhadap IPM NTB.

"Jarang Kabupaten yang bisa meraih hal tersebut dalam 3 tahun ini dapat melompat 2 tingkat," ujarnya.

Dengan naiknya IPM lotim ke peringkat 7 di NTB, tentunya sesuai dengan target Bupati HM Sukiman Azmy diakhir masa Pemerintahan SUKMA, maka dari itu kata Sekda ini patut diapresiasi dan ke depan capaian ini akan terus meningkat.

"Mari sama-sama kita bahu-membahu bekerjasama demi kemajuan bumi Patuh karya yang sama-sama kita cintai," pungkasnya.

Adapun data BPS NTB Per 1 Desember 2022 sebagai Berikut, Posisi Pertama Kota Mataram, (2) Kota Bima, (3) Sumbawa barat, (4) Lombok Barat, (5) Dompu, (6) Sumbawa (7) Lombok Timur, (8) Lombok tengah, (9) Kabupaten Bima (10) KLU. (*)