Bupati Lotim Drs. HM. Sukiman Azmy, saat menerima kunjungan Tim Robotik Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Lombok Timur, (foto/istimewa) 


Dimensintb.com-Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) merasa bangga kepada para siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Lombok Timur, yang meraih Juara dalam kejuaraan robotic international 11th the World Robotic for Peace di Kuala Lumpur, Malaysia.

"Tidak saja mengharumkan nama sekolah, mereka juga telah mengharumkan nama Lombok Timur, bahkan Indonesia," ujarnya.

Demikian diungkapkan Drs. HM. Sukiman Azmy Bupati Lotim, saat menerima Tim Robotik Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Lombok Timur, Jumat (16/12)

Atas prestasi tersebut, Sukiman Azmy berharap agar pihak sekolah dapat terus memacu prestasi siswa yang memiliki bakat luar biasa itu. Dengan demikian ke depan para siswa ini, juga siswa lainnya dapat menunjukkan prestasi pada level yang lebih tinggi dan membawa kebanggaan bagi masyarakat Lombok Timur.

Prestasi yang telah diraih tersebut, Sukiman Azmy juga menegaskan, merupakan gambaran bahwa sesungguhnya sistem pendidikan di Indonesia sudah berada di jalur yang tepat. Kepada para siswa, ia berpesan untuk terus belajar dan menyiapkan aspek ilmu pengetahuan, sosial, maupun spiritual.

"Para siswa ini adalah bagian dari generasi yang akan menjadi pemimpin di masa mendatang," tandasnya.

Sementara, Kepala Sekolah MTs Negeri 1 Selong H. Lalu Sundana yang mendampingi Tim Robotik tersebut menyampaikan bahwa keberhasilan yang diraih, selain kerja keras anggota tim dan guru pembina, juga tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Daerah.

Selain itu, beber Sundana, Tim robotic MTs Negeri 1 Lombok Timur berhasil meraih Juara 1 dalam kejuaraan robotic international 11th the World Robotic for Peace di Kuala Lumpur, Malaysia. Kompetisi robotic internasional tersebut diselenggarakan yang oleh Universiti Teknologi Malaysia (UTM) bekerjasama dengan Internasional Robotics Training & Competition (IRTC).

Perlu diketahui, Kompetisi tersebut berlangsung 29 November sampai 1 Desember 2022, diikuti sejumlah negara seperti  Singapura, Thailand, dan tuan rumah Malaysia. Tim robotik MTsN 1 Lombok Timur berlaga pada kategori Champion Sumo IoT 500 gram dan berhasil mengalahkan tim dari Malaysia dan Singapura.

Sebelumnya juga, tim robotik MTs Negeri 1 Lombok Timur juga berhasil tim ini juga berhasil meraih peringkat pertama pada kejuaraan Nasional (Kejurnas) Robotik yang dilaksanakan oleh Pemkab Blitar, Jawa Timur 17-18 September lalu.(DN)