Momen saat Audiensi Mahasiswa dan Alumni STMIK NW Anjani, di Kantor Badan Riset dan Inovasi Daerah NTB, (foto/istimewa) 

Dimensintb.com-Pengurus Ikatan Alumni bersama beberapa Mahasiswa STMIK Syaikh Zainuddin NW Anjani, melaksanakan Audiensi ke Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) NTB.  Acara Audiensi sendiri diterima dan berlangsung  di Kantor BRIDA Banyumulek Kabupaten Lombok Barat.

Dalam kegiatan Audiensi tersebut, Senin (16/01) disambut langsung oleh Kasi Litbang BRIDA NTB

Dalam Kesempatan tersebut, Keta alumni STMIK, Harmain, S.Kom mengatakan, kedatangannya ini sendiri untuk memperlihatkan hasil karya inovasi dari mahasiswa kepada BRIDA. Sehingga dengan hasil karya inovasi dari mereka bisa berguna, dan tentu akan menambah semangat mereka untuk terus melakukan pengembangan inovasi-inovasi berikutnya.

"Kedatangan kami adalah untuk sharing dengan pihak BRIDA terkait dengan hasil beberapa inovasi yang sudah di buat oleh Mahasiswa. Terima kasih atas sambutannya yang sangat baik semoga kedepannya dengan adanya Audiensi ini inovasi-inovasi yang mereka temuan dapat berguna”, ujarnya

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan tentang BRIDA oleh kasi Litbang dimana BRIDA sendiri dulu namanya STIPAK dan di tahun 2021 berubah nama menjadi BRIDA, yang dimana BRIDA ini sendiri menanungi 4 bidang inovasi dan riset.

Sementara itu, Koodinator bidang inovasi dalam paparannya, menyampaikan bahwa ada langkah- langkah yang harus diajukan, terkait hasil inovasi maupun tumuan- temuan baru di dalam bidang Engerinering, pertanian, peternakan dan sosial humaniora.

Sehingga, lanjut dia, STMIK harus membuat MOU atau Perjanjian kerja sama dengan pihak BRIDA, agar semua hasil inovasi-inovasi yang dibuat oleh Mahasiswa ataupun alumni. Sehingga dari pihak BRIDA akan merealisasikan dan membuatkan hak cipta hasil inovasi tersebut.

"Tentang langkah- langkah untuk mengajukan sebuah inovasi atau temuan-temuan baru, harus diajukan MOU atau kerjasama kepada BRIDA. Sehingga hasil innovasi dan hasil temuan bisa di realisasikan oleh atau dibuatkan hak cipta oleh BRIDA," jelasnya.

Selain memberikan pemahaman mengenai dunia inovasi, kegiatan ini juga memberikan wawasan kepada mahasiswa STMIK mengenai bagaimana pengembangan inovasi, dengan memanfaatkan kecerdasan di bidang teknologi. Selain itu juga, kegiatan itu juga sebagai ajang promosi dan tunjukan berbagai hasil inovasi mahasiswa yang sudah dibuat.(DN)