KKN Tematik UNRAM, saat melakukan sosialisasi dan demonstrasi pembuatan pupuk organic,  Dusun Lendang Luar Barat Desa Sembalun. (foto/DN) 

Dimensintb.com-Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Mataram (UNRAM) telah menyelenggarakan sosialisasi dan demonstrasi pembuatan pupuk organic dengan pemateri dari pihak UPTPP di Dusun Lendang Luar Barat, Desa Sembalun, Kecamatan Sembalun Lombok Timur berlangsung Rabu 18 Januari 2023.

Kegiatan sosialisasi bertujuan untuk mengurangi penggunaan obat pestisida dan pupuk kimia yang dapat merusak tanah akibat terlalu tinggi kadar asam pada tanah dan juga harga beli yang semakin lama semakin mahal dan langka.

Demikian di ungkapkan Ketua KKN Muhammad Zuhrur, saat dikonfirmasi media ini, Kamis (19/01).

Lebih jauh Zuhrur menerangkan, penggunaan kotoran kambing menjadi pupuk sangat bermanfaat bagi kesuburan tanah dan kelestarian lingkungan, dan nilai lebihnya juga dapat meningkatkan kualitas dan nilai ekonomi dari kotoran kambing.

"Pemanfaatan kotoran kambing menjadi pupuk organik ini dapat meningkatkan kesuburan bagi tanah warga dan punya nilai ekonomi tersendiri". terangnya.

Menurutnya, kesadaran masyarakat di sini akan pentingnya pupuk organik yang terbuat dari kotoran kambing banyak menyimpan manfaat yang tidak banyak masyarakat tahu.

"Padahal kotoran kambing menyimpan banyak sekali manfaat bagi kesuburan tanaman. Diharapkan dengan adanya penyuluhan pembuatan pupuk organic ini semoga kesadaran masyarakat untuk mengolah kembali limbah ternak kambing bisa diterapkan," paparnya.

Selain penggunaan kotoran kambing, kata dia, bahan-bahan dalam pengolahan pupuk organic sangat mudah didapatkan. Bahan-bahan untuk pembuatan pupuk organic sangat mudah di dapatkan di sekitaran masyarakat seperti salah satunya dedaunan, dedak, tanah subur, dan sampah rumah tangga. Sehingga dengan itu membuat masyarakat bisa untuk mendaur ulang limbah sampah tersebut menjadi pupuk organic.

"Bahan-bahan pembuatan pupuk sudah ada di sekitaran kita. Tinggal bagai mana kita mendaur ulang limbah tersebut menjadi pupuk,"ujarnya.

Sementara itu, Perwakilan Desa diwakili Ansor  mengatakan, mewakili masyarakat setempat, menyampaikan berterimakasih kepada adik-adik KKN yang telah membantu pihak desa dalam menyadarkan masyarakat saat pelatihan pembuatan pupuk organik.

Karena saat ini, pemerintah Kabupaten Lombok Timur bersama Dinas Pertanian Provinsi sedang meningkatkan penggunaan pupuk organic pada pertanian. Sehingga  adik-adik KKN sangat tepat selenggarakan sosialisasi ini, sebagai salah satu langkah mendukung program pemerintah.

“Adik-adik KKN saat ini sangat membantu warga dengan menyadarkan masyarakat tentang pentingnya penggunaan pupuk organic, khususnya di wilayah Lombok Timur. Karena saat ini pemkab Lombok Timur bersama Dinas Pertanian Provinsi sedang meningkatkan penggunaan pupuk organic pada pertanian. Sehingga, sangat tepat sekali adik-adik KKN menyelenggarakan sosialisasi ini untuk dapat mendukung program pemerintah," tandasnya.(DN).