Oleh: Baiq Risqi Irhamni (21112361)
Universitas Muhammadiyah Ponorogo


Dimensintb.com-

Sinopsis  Buku Manajemen Lembaga Pendidikan Islam

Manajemen Pendidikan Islam adalah satu proses pengelolaan lembaga pendidikan islam secara islami dengan cara menyiasati sumber-sumber belajar dan hal-hal lain yang terkait untuk mencapai pendidikan islam secara efektif dan efisien. Dalam Buku Manajemen Lembaga Pendidikan Islam terdapat dua belas BAB. Dalam buku ini menjelaskan tentang Kepemimpinan Islami Kepala Madrasah.

Kepala madrasah adalah pemimpin yang mempunyai kekuasaan dan pengaruh dalam menentukan kegiatan belajar mengajar di sekolah, kehidupan di sekolah di atur sedemikian rupa. Didalam sebuah lembaga pasti ada, visi, misi, dan tujuan pada madrasah tersebut. Apa itu visi, misi, dan tujuan?.

Visi adalah pernyataan tentang definisi keadaan dan aspek yang ingin di capai oleh lembaga madrasah untuk mencapai tujuan tersebut. Misi adalah pengembangan dari visi, mengembangkan jaringan tugas, tanggung jawab dan rencana aksi yang di jadikan acuan untuk mewujudkan visi tersebut. Sedangkan tujuan adalah sesuatu yang dapat dalam jangka waktu yang telah di tentukan.

Sebuah lembaga pasti tidak terlepas dari manajemen pendidikan dan tenaga kependidikan. Prinsip dalam manajemen tidak mudah untuk dijelaskan, konsep manajemen menurut para ahli, antara lain G. R. Terry menyebutkan 4 fungsi menajemen: Perencanaan (planning), Pengorganisasian (organizing), Pelaksanaan (actuating),Pengawasan (controlling).

Sementara, Jenis tenaga kependidikan, antara lain, Tenaga struktural Tenaga fungsional dan Tenaga teknis kependidikan. Sedangkan menurut Hartati Sukirman, tenaga kependidikan di bagi dalam  beberapa kelompok yaitu Pendidik, Pengajar, Pembimbing, Supervisor pendidikan, Tenaga Administrator dan Tenaga teknis pendidikan.

Sebuah lembaga pasti mempunyai peserta didik yang harus di tata dengan baik, dalam buku ini membahas menajemen peserta didik. Menajemen peserta didik adalah layanan yang berfokus pada penanganan, pemantauan dan dukungan siswa di sekolah dan di luar sekolah. Melalui praktik manajemen keuangan , persyaratan, pembiayaan untuk sekolah, di daftarkan secara langsung dan di gunakan untuk membiayai pelaksanaan program madrasah yang berhasil dan produktif.

Sumber pembiayaan pada madrasah antara lain, Pemerintah dan masyarakat, Wakaf, Zakat, Shadaqah, Hibah serta sumber daya lain yang tidak mengikat.


Hubungan sekolah dengan masyarakat dalam perspektif islam

Dari sudut pandang islam , komunikasi adalah aspek ekstansi manusia yang tidak dapat di pisahkan . Komunikasi islam yang merupakan komunikasi spritual atau etika yang positif, yang bersumber dari Al qura’an dan hadist. Tujuan pendidikan islam adalah membina manusia secara individu dan komunitas, sehingga mereka dapat menjalankan tugasnya sebagai hamba Allah dan Khalifahnya untuk menciptakan dunia sesuai dengan apa yang telah Allah tetapkan sesuai dengan ajaran islam.

Manfaat pengembangan budaya dan lingkungan madrasah yaitu, Kepribadian yang merupakan ciri atau karakter organisasi,  Pengikat/pemersatu seperti bahasa sunda yang identik dengan orang sunda, Sumber seperti inspirasi, Pola pengemudi dan perilaku, dan Subsitusi Formalisasi.

Kelebihan buku manajemen lembaga pendidikan islam ini mudah di pahami,karena di sajikan dengan bahasa sederhana. Dengan membaca buku ini , dapat mempermudah tercapainya tujuan pendidikan islam, secara efektif dan efisien. Karena dengan manajemen pendidikan islam kegiatan pendidikan dan prosesnya dapat terencana , terorganisir ,terarah kan sekaligus juga dapat terawasi dan terevaluasi.

kelemahan buku ini  ada beberapa kata salah dalam pengetikannya (typo), sehingga membuat pembaca kesulitan dalam mengartikan maksud buku tersebut. Alangkah baiknya tim penulis dan team editor lebih teliti lagi dalam pengetikan sebelum di cetak di periksa kembali dari awal sampai akhir.


A. Identitas Buku
Judul Buku  : Manajemen Lembaga Pendidikan Islam
Pengarang Buku  : Dr. Afiful Ikhwan, M.Pd.I.
Penerbit Buku      : NAJAHA
Tebal Buku            : 151 Halaman
ISBN                        : 978-623-99296-3-3
Tahun Terbit         : 2022

B. Biografi Singkat Penulis
Dr. Afiful Ikhwani, M.Pd.I. lahir di Jambi 22 februari 1988, Pendidikan Dasar di swasta  'SDI’ Aisyiyah Iqra’ Tuah Sakato Jambi, lalu merantau ke Jawa Timur melanjutkan tingkat Madrasah Tsanawiyah di Pondok Modrn Gontor Ponorogo  199-2022. Pendidikan Tinggi S-1  Program Studi Agama Pendidikan Islam, Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi  Agama Islam Negri. S-2 Jurusan Menajemen Pendidikan Islam di kampus yang sama, S-3 Menajemen Pendidikan Islam di kampus Maulana Malik Ibrahim.

Dosen tetap Program Sarjana (S-1) Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Muhammadiyah Tulung Agung Jawa Timur. Dr.Afiful Ikhwani, M.Pd.I. pernah menjabat menjadi Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Agama Islam (PAI), Ketua Jurusan Tarbiyah (setingkat dekan), Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M), dan Sekretaris Senat Institusi STAI Muhammadiyah Tulungagung (2013-2017).

Selanjutnya, Pimpinan Redaksi Jurnal Ilmiah terakreditasi nasional (2013-sekarang), Direktur Pascasarjana, Senat Universitas Muhammadiyah Ponorogo (2019-2020), Badan Pembina Harian (BPH) Institusi Teknologi Bisnis (ITB) Muhammadiyah Tulungagung (2021-sekarang), Badan Pembina Harian (BPH) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Muhammadiyah Bangil, Pasuruan (2021-sekarang). (*)