Momen Guru Mengikuti kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan soal berstandar untuk PTS dan PAT/PAS Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023, (foto/istimewa) 

Dimensintb.com-Unit Pelayanan Tehnis (UPT) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kecamatan Masbagik bersama dengan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Sekolah Dasar Masbagik, melaksanakan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan soal berstandar untuk PTS dan PAT/PAS Semester Genap Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kegiatan tersebut, diawali di Gugus Paokmotong dari tanggal 6 - 7 Februari 2023. Kegiatan ini juga di rencanakan akan berlangsung selama 14 hari untuk semua gugus. Kegiatan tersebut akan berakhir nanti di Gugus Danger dari tanggal 27 - 28 Februari 2023.

Demikian diungkapkan Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah Masbagik Sahruddin, S.Pd, saat dikonfirmasi, Senin (06/02)

"Kegiatan ini kita rencanakan selama 14 hari, kita awali dari Gugus Paokmotong dan nanti berakhir di gugus Danger,"ujarnya.

Menurutnya, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada semua guru baik guru kelas maupun guru mata pelajaran.

Tak itu saja kata dia, karena dalam menyusun soal harus bersesuaian dengan kaidah penyusunan soal berstandar berdasarkan kelas atau mata pelajaran yang diampu.

"kegiatan ini kita laksanakan agar semua guru bisa membuat atau menyusun soal sesuai dang standar," Ujar Ketua K3S

Selan itu, lanjut Ketua K3S, bahwa kegiatan ini juga dilaksanakan di masing-masing Gugus yang di fasilitasi oleh KKG masing-masing. Kegiatan ini akan berlangsung selama 14 hari efektif. Masing-masing Gugus dilaksanakan selama 2 hari. Jumlah Gugus Sekolah Dasar di Masbagik 7 Gugus.

selain itu, ia menyebutkan, dalam kegiatan Bintek tersebut fasilitator yang dilibatkan adalah dari Pengawas Pembina Sekolah Dasar (SD) Kecamatan Masbagik H. Nurdin, S.Pd dan H. L. Makrif, S.Pd. pesertanya adalah semua guru SD Kecamatan Masbagik, baik Guru Kelas maupun Guru Mata Pelajaran.

Adapun materi yang diberikan pada Bimtek ini adalah, Kaidah Penulisan Soal Berstandar, Kisi-Kisi, Instrumen, Penskoran dan Kunci jawaban. Dengan kegiatan ini masing-masing gugus memiliki Master Soal PTS, PAT/PAS genap Tapel 2022/2023.

Ia juga menegaskan dalam penyusunan soal pada tingkat gugus kedepannya, dengan kegiatan ini bisa melakukan pemetaan agar mengetahui informasi terkait kemapuan tarap serap siswa dari hasil pembelajaran selama ini oleh masing - masing guru.

"Ini sebagai pemetaan untuk mengetahui tarap serap siswa dari hasil pembelajaran oleh guru di tingkat gugus," pungkas (*)