(foto/istimewa) 

Penulis : Asbara (Wartawan Massmedia.id)

Dimensintb.com - Tanpa terasa saat ini sudah berada pada 10 Akhir pada Bulan Suci Ramadhan. Selanjutnya seluruh umat Islam di Dunia akan merayakan idul Fitri 1444 H, hampir setiap hari terpantau postingan di semua media sosial (medsos) baik itu Facebook, IG dan medsos lainnya.

Nampak terlihat, banyak mengadakan moments silaturahmi buka bersama (Bukber) baik dengan keluarga, berbagai komunitas, kelompok Reuni Sekolah Dasar sampai dengan Perguruan Tinggi, Kantor-kantor swasta dan Lembaga  lainnya.

Bukber banyak diselenggarakan di Restoran, Cafe, Lesehan, Gedung tempat umum, maupun di rumah-rumah, kecuali di sejumlah kantor-kantor Pemerintah, karena para Pejabat Pemerintah dan PNS dilarang Bukber oleh Presiden RI Joko Widodo.

Berdasarkan Surat Edaran Presiden Melalui Surat Sekretaris Kabinet Republik Indonesia Nomor 38/Seskab/DKK/03/2023. perihal arahan terkait penyelenggaraan Bukber yang ditandatangani Sekretaris Kabinet Pramono Anung pada tanggal 21 Maret 2023 yang lalu.

Buka bersama merupakan acara berbuka secara bersama-sama dengan orang lain yang dilakukan pada bulan Ramadhan merupakan tradisi yang sudah dilakukan oleh Masyarakat Indonesia sejak lama dan kebetulan bulan Ramadhan tahun ini bertepatan dengan tahun Politik.

Namun, selain sebagai ajang silaturahmi, Bukber  juga dapat dimanfaatkan sebagai media komunikasi public relations oleh mereka yang akan maju menjadi Anggota Dewan maupun Kepala Daerah.

Public relations atau hubungan Masyarakat merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh, Antar kelompok  Masyarakat atau organisasi maupun komunitas untuk membangun dan memelihara hubungan baik dengan masyarakat luas, salah satu cara yang dapat dilakukan dalam kegiatan public relations adalah dengan mengadakan acara Bukber.

Acara Bukber dapat dijadikan sebagai media komunikasi public relations karena acara ini dapat menjangkau banyak orang sekaligus.

Kegiatan Bukber sebagai media komunikasi public relations dapat dilakukan oleh calon Anggota legislatif, maupun Bakal calon Kepala Daerah atau dengan beberapa tujuan. Salah satu tujuannya adalah untuk memperkenalkan dirinya kepada Masyarakat luas terutama di Daerah Pemilihannya (Dapil)

Dalam acara Bukber, Bacalon legislatif maupun Kepala Daerah dapat memperkenalkan profil mereka kepada para tamu undangan. Selain itu juga dapat memberikan penjelasan mengenai keunggulan Misi dan Visinya  yang mereka tawarkan.

Dengan demikian, para tamu undangan bukber dapat lebih memahami kenapa mereka ingin jadi Wakil Rakyat atau Kepala Daerah.

Selain untuk memperkenalkan dirinya kegiatan buka bersama juga dapat dilakukan untuk meningkatkan citra mereka, Bacalon dapat menunjukkan kepedulian mereka terhadap Masyarakat dan lingkungan sekitar dan juga menunjukkan bahwa mereka peduli terhadap kesehatan dan kesejahteraan.

Kegiatan buka bersama juga dapat dimanfaatkan oleh Bacalon untuk memperkuat hubungan dengan para relasi atau klien. Dalam acara buka bersama, Bacalon juga bisa mengundang para calon relawan pendukungnya di mulai dari yang terdekat lingkungan keluarga.( *)