Tampak terlihat para pekerja sedang membersihkan ikan yang akan diberikan kepada para pembeli, (foto/istimewa) 

Dimensintb.com - Salah satu penjual ikan Amaq (sebutan Bapak untuk orang Lombok) Iwan (37) asal Desa Lenek Kecamatan Lenek Lombok Timur. Berjualan langsung dirumahnya, merasa tersenyum akibat dampak meningkat penjualan pada Bulan Suci Ramadan.

Bagaimana tidak, terlebih Omzet penjualan ikan melejit mendekati Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah. Hal ini dirasakan memang setiap jelang Lebaran, sehingga dirinya mendapatkan berkah karena pendapatan penjualan ikan meningkat.

"Ya (omzet naik) bersyukur namanya Ramadhan, bulan penuh berkah. Ada kenaikan, alhamdulillah, apalagi mau Lebaran," kata Amaq Iwan, saat di temui Sabtu (15/04)

Lebih jadi dituturkan, dalam setiap penjualan naik hampir 200 % di bandingkan dengan hari biasa (sebelum puasa), kami melayani pembeli eceran maupun partai besar, seperti terlihat pada hari ini kebanyakan pembeli untuk kebutuhan pribadi mulai berat dari 1 kg sampai 20 kg. Dengan harga penjualan ikan Nila sekitar 32.000/ kg.

"Kami menjual ikan Nila bersih (dibersihkan isi dalam perut ikan). Agar pelayanan cepat kepada para pembeli dan tidak serta tidak nunggu lama, kami setiap jelang lebaran menambah tenaga," terangnya.

Selain itu, dari penjualan yang semakin meningkat berdampak terhadap pembuatan dan merekrut tenaga untuk membantu dalam penjualan dengan jumlah lima orang. "Kita nambah pekerja di bagian tangkap ikan, penimbangan dan bersihkan ikan. Jadi tidak usah repot repot pembeli tinggal memasak saja," beber Iwan.

Tampak terlihat sejumlah antrian para pembeli dimulai sejak pukul 08.00, pembeli ini rata-rata dari ibu rumah tangga yang datang untuk belanja. karena para pembeli ikan segar untuk ini sendiri rata-rata di konsumi untuk berbuka puasa.

"Saya datang beli ikan untuk lauknya berbuka puasa bersama segenap keluarga, lumayan katanya kalau masak sendiri bisa lebih irit," ujar Ratna salah seorang pembeli asal Suralaga.

Ia merasa senang langsung bisa membeli ikan segar di sini. karena selain ikan segar, termasuk juga harga lebih murah dan bisa terjangkau. "Harga 32 ribu itu sudah bersih dan ikannya masih segar karena langsung di ambil dari kolam penampungan.(*)