(foto/istimewa) 

Dimensintb.com - Unit Layanan Paspor (ULP) Imigrasi Selong Kabupaten Lombok Timur atensi pembuatan ratusan paspor untuk calon jamaah haji Lombok Timur.

Pelayanan pembuatan paspor terhadap calon jemaah haji kabupaten Lombok Timur Tahun 1444 H / 2023 M  bertempat di Unit Layanan Paspor Selong Lombok Timur. Sudah di mulai sejak awal April tahun 2023.

Pembuatan paspor ini sudah berjalan dua minggu target rampung nya sebelum lebaran idul Fitri. ULP imigrasi selong Lombok Timur yang berada di bawah naungan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram Kanwil Kemenkumham NTB terus bekerja untuk para calon jamaah haji.

Kepala kantor imigrasi kelas I TPI Mataram Pungki Handoyo melalui KA Unit ULP Imigrasi Selong  Hudi Hutoro mengatakan, Tim ULP Lombok Timur melakukan pelayanan paspor terhadap calon jemaah haji kabupaten Lombok Timur dengan sistem walk in saat ini.

"Kami terus berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayanan yang terbaik terhadap para calon jamaah haji kita," ucap Hudi, Senin,(10/04).

Hal tersebut, dilakukan berdasarkan surat yang diterima dari Kemenag Provinsi NTB dan Kemenag Kabupaten Lombok Timur untuk pembuatan paspor calon jamaah haji yang ada di Lombok Timur sejak akhir Maret. Kemudian pihaknya langsung mengerjakan pada awal bulan April dan sampai saat ini.

"Sehari kami menerima Pelayanan dari calon jamaah haji 30-50 orang per harinya tidak begitu lama walaupun begitu banyak nya," ujarnya.

Sementara pihaknya pada pelayanan juga ada beberapa kendala akibat para jamaah yang sebelumnya sudah memiliki paspor. "Terkait kendala ada saja para calon jamaah haji juga terkadang sudah memiliki paspor sebelumnya dan itupun harus di lampirkan ," sebutnya.

Pihaknya juga meminta kepada para calon jamaah haji tidak usah khawatir, terkait paspornya yang hilang. Hal itu tinggal dilaporkan ke pihak kepolisian serta jalani prosesnya terus langsung ke ULP Imigrasi Selong Lombok Timur sekaligus membawa hasil Berita acaranya setelah itu langsung berfoto untuk pembuatan paspornya.

"Alhamdulillah berkat kekompakan kerjasama, kami bisa bekerja lebih baik memberikan pelayanan yang baik terhadap para calon jamaah haji kita yang ada di Lombok Timur," tandasnya.(*)