Fofo kepala SMK Al Banawa (Al Baqiatusshalihat Nahdlatul Wathan) Kecamatan Sikur, saat menerima penghargaan Kategori Kelas Wirausaha SMK Swasta Terbaik. (foto/istimewa)

Dimensintb.com - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Al Banawa (Al Baqiatusshalihat Nahdlatul Wathan) Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)  mendapat penghargaan Anugerah Istimewa Sekolah (AISO) 2023 dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB.

Penghargaan itu diterima langsung oleh Kepala SMK Al Banawa Sikur Nurlaila Hidayati, S.Pd yang diberikan pada acara puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Gelanggang Pemuda Olahraga di Mataram, Selasa 2 Mei 2023.

Menurut Nurlaila Hidayati, SMK Al Banawa Sikur menerima penghargaan kategori Program Kelas Wirausaha SMK Swasta Terbaik. "Alhamdulillah sekokah kami dapat  penghargaan untuk kategori program kelas wirausaha SMK swasta terbaik, " terangnya, Sabtu (06/05/2023).

"Syukur, kami diberikan kepercayaan dan itu amanah bagi kami menuju tujuan dari pendidikan yaitu untuk melahirkan siswa berkompeten dan terampil," sambungnya.

Masih kata dia, selama ini sekolahnya fokus di jurusan perhotelan, tata boga dan tata busana. Penghargaan ini Kami terima karena dinilai juga saat tampil di HUT NTB beberapa waktu lalu. "Pada HUT NTB beberapa waktu lalu SMK Al Banawa Sikur menampilkan beragam produk yang dihasilkan oleh siswa kami, "ujarnya.

Lebih jauh dijelaskan, sesuai tujuan SMK untuk melahirkan SDM kompeten dan siap kerja. SMK Al Banawa Sikur berupaya optimal menyediakan banyak ruang praktik siswa sesuai dengan jurusan.

"Bahkan Kami punya unit Produksi khusus di Jln.Airlangga 16A Mataram, sebagai wujud semangat Kami untuk menjadikan siswa siswi kami menjadi siswa terampil dan siap kerja menuju SMK Gemilang Karya, meskipun kami masih sifatnya menyewa tempat tersebut, "ungkap Nurlaila Hidayati.

Saat ini, terangnya, SMK Al Banawa memiliki 145 siswa dengan ratusan alumni. Sebagian besar mereka sudah bekerja di berbagai perusahaan maupun instansi pemerintah, baik dalam negeri maupun luar negeri.

"Alumni kami sudah banyak yang terserap di beberapa perusahaan dan  ada juga yang bekerja di Jepang dan banyak juga yang berwirausaha secara mandiri. Setelah lulus, mereka bangun usaha sendiri dari ilmu dan  keterampilan yang diperoleh selama belajar di SMK Al Banawa Sikur, "ujarnya.

Nurlaila Hidayati juga menambahkan dengan diperolehnya penghargaan AISO 2023 dari Dikbud NTB akan menjadi penyemangat untuk menjalankan proses belajar mengajar yang lebih baik lagi, untuk mencetak siswa siswi yang kompeten, terampil dan siap kerja sesuai dengan visi besar Dikbud NTB, Satu siswa SMK, punya satu usaha.(*)