Momen Ketua DPD PAN Lombok Timur, saat diterima oleh Ketua KPU Lombok Timur, (foto/istimewa)


Dimensintb.com - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Lombok Timur, secara resmi mendaftarkan bakal calon legislatif (Bacaleg) ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur,

Tanggal 12 menjadi dipilihnya mendaftarkan Bacaleg karena sesuai dengan nomor urut PAN. Dia berharap dengan nomor itu PAN mendapatkan momentum untuk meraih suara di Pileg 2024.

Demikian diungkapkan Ketua DPD PAN Lombok Timur H. Saefuddin Zuhri, usai serahkan berkas mendaftarkan Bacalegnya, Jumat (12/05).

"Dengan mengambil momen tanggal 12 yang secara kebetulan PAN juga nomor urut 12, semoga saja PAN di Lombok Timur mendapatkan 12 kursi dari 50 kursi yang ada di DPRD Lombok Timur," katanya.

Menurutnya, target perolehan kursi DPRD di Pileg 2024 tidak muluk-muluk. Minimal terisi di semua Dapil yang ada. Lebih dari itu dikatakan dia lebih baik lagi, karena target pada pemilu 2024 ini merebutkan posisi unsur pimpinan.

"Keyakinan PAN dapat mengisi semua Dapil, itu dapat dilihat dari Caleg yang dipasang di tiap Dapil. Dimana semua mempunyai bobot dan masa riil di tempat mereka masing-masing, sehingga kalau semua Dapil terisi dan ada yang dapat dobel tidak menutup kemungkinan posisi ketua dapat kita raih," ujarnya.

Masih kata sosok yang juga menjabat anggota DPRD NTB itu, pendaftaran Bacaleg dilakukan secara serentak oleh jajaran kepengurusan PAN seluruh Indonesia. "Hari ini kita daftar secara serentak di seluruh Indonesia," cetusnya.

Dia juga menyampaikan, komposisi Bacaleg PAN Lombok Timur memenuhi keterwakilan perempuan 30 persen. Serta diisi juga oleh kaum milenial.

"Keterwakilan perempuan pasti, begitu juga untuk kalangan milenial. Jadi dengan semangat muda kita siap meraih target di 2024" tekannya.

Disinggung terkait kesiapan PAN terkait sistem Pemilu. Dia menegaskan PAN sangat berharap agar MK memutuskan sistem proporsional terbuka.

Hal itu diharapkan, agar kompetisi lebih fair dan sehat, sehingga semua kader bebas dan leluasa untuk mendapatkan simpati masyarakat. "Kami berharap sistem proporsional terbuka, agar kompetisi sehat antar kader," ungkapnya.

Dia juga menyatakan, PAN juga dalam posisi siap jikapun MK memutuskan sistem proporsional tertutup. Tapi terkait dengan penentuan unsur pimpinan, kembali lagi pada kesepakatan unsur kepengurusan.

"Dengan niat yang tulus untuk memajukan daerah dan untuk kesejahteraan masyarakat dengan disertai ikhtiar serta doa . Insya Allah partai PAN akan menjadi pemenang di Pemilu 2024 mendatang dengan mengisi semua Dapil yang ada, kami berkomitmen menjalankan Pemilu 2024 yang bersih, jujur dan adil," tandasnya. (*)