Pihak PDAM Lotim, konsultasi publik Surat Izin Penguasaan Air (SIPA) bagi masyarakat lingkar sumber mata air di beberapa titik.(foto/istimewa)

Dimensintb.com - Daerah Air Minum (PDAM) Lombok Timur terus berupaya maksimal dalam memberikan layanan terbaik bagi pelanggan, dan masyarakat Lombok Timur secara umum. Saat ini pihak PDAM melakukan    konsultasi publik Surat Izin Penguasaan Air (SIPA) bagi masyarakat lingkar sumber mata air di beberapa titik.

"Konsultasi SIPA ini, kami lakukan untuk menambah sumber mata air PDAM, untuk dialirkan ke beberapa titik wilayah di Lombok Timur yang memang membutuhkan ketersediaan air bersih," kata Direktur Teknik PDAM Lombok Timur, Lalu Sriadi, ST, (25/05)

Konsultasi SIPA itu sendiri dilakukan di beberapa titik, seperti di Desa Suela, Desa Mamben Lauq, Desa Tirtanadi, Desa sambelia dan Desa Seruni Mumbul. Karena masing-masing desa itu memiliki sumber mata air yang bisa dimanfaatkan.

"Masyarakat sekitar mendukung PDAM untuk memanfaatkan sumber mata air itu. Selama tidak mengganggu irigasi. Kami pun menjamin jika PDAM tidak akan mengurangi peruntukan air untuk irigasi masyarakat," ungkapnya.

Lebih jauh, Sriadi pun mempersilakan masyarakat di lingkar sumber mata air untuk mengajukan proposal CSR kepada PDAM. Sebab kata dia, PDAM memiliki tanggung jawab sosial kepada masyarakat.

"Kami persilakan masyarakat lingkar tambang untuk mengajukan proposal,  PDAM punya CSR yang harus diberikan kepada masyarakat. Tapi tentu itu harus sepengetahuan Kepala Desa dan tergantung dengan kondisi keuangan PDAM sendiri," paparnya.

Ketua P3A Tirpas pun menjamin jika masyarakat akan menerima dengan baik program kerja yang akan dilakukan oleh PDAM. Dengan catatan tidak ada penambahan debit air, dari yang telah disepakati bersama antara PDAM dan masyarakat.

"Selama tidak ada penambahan debit air dan tidak merugikan irigasi masyarakat sekitar,  pemerintah desa dan masyarakat akan mendukung PDAM," tandasnya. (DN)