(Istimewa)

Dimensintb.com, Lombok Timur - Presiden Joko Widodo resmi melantik Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI. 

Pelantikan AHY menjadi Menteri ATR/BPN RI itu rupanya mendapat reaksi dan tanggapan positif dari kader Partai Demokrat di beberapa daerah,  tak terkecuali dari Ketua DPC Partai Demokrat Lombok Timur, Amrul Jihadi. 

Menurut Amrul Jihadi, penunjukan AHY menjadi Menteri ATR/BPN oleh Presiden Jokowi adalah keputusan yang sangat tepat. Sebab AHY memiliki kompetensi dan kapasitas yang mempuni dalam mengurai persoalan birokrasi dan agraria di Indonesia. 

"Penunjukan AHY menjadi Menteri ATR/BPN oleh Presiden Jokowi sangat tepat, karena AHY ini memiliki kapasitas yang mempuni dalam melakukan terobosan dan perbaikan dalam permasalahan agraria di Indonesia," katanya, Kamis (22/02). 

Masih lanjut dia, selaku Menteri ATR/BPN, keberpihakan dan kedekatan AHY dengan rakyat akan lebih erat. Sebab, sebagai negara bercorak agraris, bentrokan kepentingan korporasi dan rakyat (masyarakat adat, red) di Indonesia cukup tinggi, khususnya dalam hal kesenjangan dan ketimpangan penguasaan lahan. 


Pada posisi itulah sebut Amrul, AHY akan menjadi pengadil yang adil dengan memastikan regulasi dan aturan yang ada lebih berpihak kepada rakyat. 


"Harus kita akui ada banyak persoalan di bidang agraria, salah satunya dalam kesenjangan penguasaan lahan antara korporasi dan masyarakat. Kedepannya kami yakin, dibawah komando AHY, produk regulasi Kementerian ATR/BPN lebih berpihak kepada masyarakat, dan AHY memiliki arah ke titik itu," tandasnya. (*)